oleh

Tekan Stunting dan Angka Kematian Ibu Melalui Gerakan Bumil Sehat

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Dalam rangka peringatan Hari Ibu Nasional ke-94 tahun 2022, Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis (22/12/2022), menggelar Gerakan Ibu Hamil (Bumil) Sehat sebagai upaya menekan angka stunting dan angka kematian Ibu.

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Camat Manggar ini dibuka Bupati Belitung Timur (Beltim) melalui Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Sayono. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak pada hari ini di seluruh Indonesia dan merupakan bentuk dukungan kepada ibu hamil menjadi ibu yang lebih sehat dan bahagia.

Sub Koordinator Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Babel Rita Agustina mengatakan, Gerakan Bumil Sehat ini sebagai bentuk kampanye pemerintah yang menyasar kepada ibu hamil agar lebih peduli terhadap kesehatan.

“Kegiatan ini bagaimana upaya kita menjadikan bumil-bumil sehat, dan upaya kita mengkampanyekan agar para ibu ini care, agar stakeholder, lintas sektor dan semua yang ada di masyarakat bisa peduli terhadap ibu hamil sehingga tentunya kita dapat menurunkan angka kematian ibu. Itu sebenarnya yang penting”, kata Rita.

BACA JUGA:

Rita menghimbau kepada para ibu hamil agar dapat melaksanakan arahan yang tercantum pada deklarasi ibu hamil Indonesia, sehingga tujuan untuk mencegah stunting dan menekan angka kematian ibu bisa tercapai.

“Sesuai deklarasi ibu hamil Indonesia, bahwa ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan sedikitnya 6 kali selama kehamilan, dan 2 kali diantaranya periksa USG dengan dokter, konsumsi gizi seimbang, meminum tablet tambah darah (TTD), mengikuti kelas ibu hamil dan melahirkan di fasilitas pelayanan kesehatan”, sebut Rita.

Gerakan Bumil Sehat

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi Babel juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Beltim yang ditunjuk sebagai lokus pelaksanaan kegiatan Gerakan Bumil Sehat tahun 2022.

“Sebetulnya Beltim ini termasuk lokus untuk angka kematian ibu, tetapi bagaimana mereka mengupayakan berbagai inovasi untuk menurunkan angka kematian, dan itu berhasil makanya melalui kesempatan ini kita mengapresiasi Kabupaten Beltim sehingga bisa memberikan semangat untuk teman-teman di lapangan, agar bisa mengupayakan untuk menurunkan angka kematian ibu”, pungkas Rita.

Rangkaian Gerakan Bumil Sehat 2022 yakni Deklarasi Bumil Sehat, Pemberian Reward kepada Ibu Hamil dan Talkshow Edukasi Bumil Sehat yang disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Beltim Purwenda Puspitasari, Dokter SPOG RSUD Muhammad Zein Edward Haryadi dan Pokja IV PKK Kabupaten Beltim Sudianti. (rel)

BACA JUGA:


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …