oleh

Pelajar SMA Negeri 1 Membalong Ikuti Sosialisasi Anggota DPD dan DPRD Babel

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Koordinator Sahabat Ustadz Belitung dan Belitung Timur Eldy Saputra Wijaya, ST menggagas kegiatan sosialisasi terkait tugas dan fungsi lembaga perwakilan daerah dan lembaga perwakilan rakyat kepada pelajar SMA Negeri 1 Membalong, Kabupaten Belitung.

Kali ini, Eldy menggagas sinergisitas antara Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Provinsi Bangka Belitung (Babel) Ustadz H. Zuhri M Syazali, LC, MA bersama Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Babel Dody Kusdian, ST, MH.

Menurut Eldy, kegiatan sosialisasi Anggota DPD RI asal Babel Ustadz Zuhri dan Anggota DPRD Babel Dody Kusdian di SMA Negeri 1 Membalong ini sudah dilaksanakan pada Senin tanggal 19 Desember 2022 lalu.

Saat itu, para pelajar SMA Negeri 1 Membalong sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi yang disampaikan Ustadz Zuhri dan Dody Kusdian, yang secara bergantian menyampaikan materi terkait tugas dan fungsi lembaganya masing-masing.

SMA Negeri 1 Membalong

Dalam kesempatan tersebut Ustadz Zuhri menerangkan tugas dan fungsi lembaga DPD RI yang merupakan lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia, dimana anggotanya terpilih melalui proses Pemilu dari perwakilan setiap daerah atau Provinsi yang ada di Indonesia.

“Tugas prinsip lembaga legislatif ialah mendengarkan dan menyampaikan, sedangkan fungsinya seperti yang tertuang dalam pasal 248 UU Nomor 17 Tahun 2014, adalah mengajukan rancangan Undang-Undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, memberikan pertimbangan kepada DPR atas RUU tentang anggaran pendapatan dan belanja negara, serta pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang mengenai otonomi daerah”, jelas Ustadz Zuhri saat itu.

BACA JUGA: