Penuhi Data Pertanian Secara Lengkap, BPS Belitung Gelar Rakor Sensus Pertanian 2023

Dikatakannya, kegiatan Rakor ST2023 sangat penting karena mampu menyediakan data pertanian secara lengkap, yang berguna untuk perencanaan dan tolok ukur kondisi pertanian.

Data yang dihasilkan dari kegiatan Rakor ST2023 sangat dibutuhkan dalam transformasi sistem pertanian, sebagai kunci dalam menjawab isu-isu pangan seperti isu ketahanan pangan, kualitas dan keamanan pangan, yang keberlanjutan/sustainability baik di tingkat global maupun nasional.

“Selain itu, BPS juga akan menjawab tantangan pertanian skala kecil, yakni petani yang kepemilikan lahannya kurang dari setengah hektar. Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang penting peranannya pada perekonomian Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Belitung. Pertanian juga memberi pengaruh besar dalam perekonomian daerah”, sambung Adnizar.

Pada tahun 2021, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan menduduki peringkat
pertama sebagai kontributor terbesar perekonomian Kabupaten Belitung. Pada tahun 2021, kategori pertanian kehutanan dan perikanan memberi kontribusi terhadap PDRB atas dasar harga berlaku Kabupaten Belitung sebesar 28,17 persen.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sebesar 27,79 persen, merupakan kategori yang menjadi penyumbang PDRB terbesar di Kabupten Belitung.

Hal ini memiliki total nilai PDRB Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) sebesar 3.100,35 miliar, sebagai kategori yang menopang perekomian daerah di masa pandemi. Laju pertumbuhan kategori ini termasuk mengalami laju yang positif.

“Pada 2021, kategori ini berhasil tumbuh sebesar 4,20 persen, mengalami sedikit perlambatan apabila dibandingkan dengan tahun 2020 yang tumbuh sebesar 7,46 persen berdasarkan hasil dari survei angkatan kerja nasional pada publikasi statistik ketenagakerjaan tahun 2021”, ungkap Adnizar.

BACA JUGA: