oleh

Bupati Beltim Masuk Level Ketiga Kabupaten Kecil Peraih Nirwasita Tantra 2022, Tim Penilai Independen Lakukan Verifikasi Lapangan

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 6 orang Tim Penilai Independen, Kamis (08/12/2022), hadir di Belitung Timur (Beltim) guna melakukan verifikasi lapangan terkait seleksi peraih Nirwasita Tantra Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2022. Hal ini berkaitan dengan masuknya Bupati Beltim dalam level ketiga penilaian untuk kabupaten kecil di Indonesia.

Verifikasi lapangan Penilaian Nirwasita Tantra Tahun 2022 ini, berlangsung di ruang rapat Bupati Beltim. Sedangkan 6 orang Tim Penilai Independen ini merupakan unsur akademisi, LSM lingkungan, serta media masa, dan diketuai oleh Profesor Hariadi Kartodihardjo.

Sebelum turun langsung ke lapangan, Tim Penilai Independen terlebih dahulu mendengarkan presentasi dan wawancara terkait isu lingkungan dengan Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Beltim, serta masyarakat.

Ketua Tim Penilai Independen Profesor Hariadi Kartodihardjo mengatakan, isu strategis di Kabupaten Beltim yakni penanganan pasca tambang. Bagaimana Pemkab Beltim menangani mulai dari lubang bekas tambang, kualitas air, penggunaan lahan eks tambang hingga transformasi ekonomi.

“Yang menjadi prinsip sebenarnya adalah bagaimana penanganan isu strategis, karena setiap kabupaten/kota punya isu strategis. Di sini aspek-aspeknya lubang bekas tambang yang perlu rehabilitasi, kemudian juga aspek kaitannya dengan kualitas air, di situ ada penggunaan lahan dan seterusnya”, sebut Hariadi.

Penasehat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini berharap Kabupaten Beltim segera melakukan Transformasi Ekonomi. Dari daerah yang mengandalkan tambang, menjadi daerah yang mampu memanfatkan bekas tambang untuk daerah wisata, pertanian dan perkebunan hingga ekonomi kreatif lainnya.