Pesawat Helikopter P-1103 Lost Contact, Diperkirakan di Atas Perairan Laut Beltim

BELITUNG, pradivanews.com – Pesawat Helikopter milik Polri Jenis BO-105 P-1103, Minggu (27/11/2022) sore, dikhabarkan mengalami kecelakaan Lost Contact di wilayah perairan laut Belitung Timur. Posisi dan komunikasi terakhir dengan Pesawat Helikopter P-1103 diketahui menembus awan.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Pesawat Helikopter P-1103 tersebut take off dari Pangkalan Bun menuju Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan pada pukul 13.00 WIB. Pesawat Helikopter P-1103 terakhir termonitor pada radial 094 inbound 38 DME to TPN altitude 3.500 ft.

Lokasi Kejadian Pesawat Helikopter P-1103 mengalami Lost Contact pada ketinggian 3500 feet, dengan jarak 30 nm (55,56KM) dari ARP Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Kondisi cuaca pada saat itu berawan dan sudah turun hujan pada jalur penerbangan, dengan kecepatan angin 4-5 Knot, dan tinggi Gelombang 0,2-1 meter.

BACA JUGA: Musda III DPD APDESI Babel, Munzilin Terpilih Sebagai Ketua

Sebelumnya, Kantor SAR Pangkalpinang menerima laporan dari Bapak Khaerul Assidiqi EGM Bandara Hanandjoeddin Tanjungpandan pada pukul 15.33 WIB yang menyebutkan telah terjadi kecelakaan pesawat Lost Contact Helikopter milik Kepolisian dengan nomor BO-105 P 1103, dengan jarak 38 NM dan Heading 096°/38Nm dari Bandara Hanandjoeddin Belitung.

Setelah take off dari Pangkalan Bun, Pesawat Helikopter P-1103 berkomunikasi ke AirNav Palembang. Pada pukul 13.26 WIB, 1 Helikopter berkomunikasi dan menanyakan ke AirNav Tanjungpandan apakah ada komunikasi dengan P-1103, informasi dari AirNav tidak ada hingga P-1113 Landing di Tanjungpandan tidak ada komunikasi dan lost contact.

BACA JUGA: Pentas Seni Laskar Rakyat Desa Air Seruk Semarakkan Peringatan Hari Perjuangan Rakyat Belitung Tahun 2022

Dari laporan yang diterima SAR, dikhabarkan crew yang ikut terbang di dalam Pesawat Helikopter P-1103 ada 4 orang, yakni AKP Arif Rahman Saleh, Briptu Lasminto, Aipda Joko M, dan Bripda Anam. Kondisi bahan bakar (fuel) terakhir diisi ke Pesawat Helikopter P-1103 saat di Pangkalan Bun sebanyak 520 liter.

Helikopter

Hingga berita ini diturunkan, upaya pencarian terhadap Pesawat Helikopter P-1103 masih dilakukan. Pihak Kantor SAR Pangkalpinang pada pukul 15.35 WIB sudah berkoordinasi dengan AirNav Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Pukul 15.50 WIB Tim Rescuer Pos SAR Belitung Timur sudah berangkat ke Pelabuhan Manggar.

Unsur-unsur SAR yang berada di Lokasi, yakni Tim Rescuer Pos SAR Belitung Timur, Pihak Bandara Hanandjoeddin Tanjung Pandan, pihak AirNav Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, TNI AL Belitung Timur, POLAIRUD Belitung Timur, dan BPBD Belitung Timur. (tim)


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …