Mulai Hari ini KPU Beltim Buka Lowongan Untuk PPK

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (KPU Beltim) sudah membuka pendaftaran bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024. Pendaftaran dibuka sejak Minggu tanggal 20 November hingga Selasa tanggal 29 November 2022.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, KPU Beltim membuka lowongan untuk PPK ini sebanyak 35 orang dengan rincian 5 orang PPK per kecamatan, untuk mengisi 7 kecamatan di wilayah Kabupaten Beltim. Oleh karena itu, KPU Beltim membuka seluas-luasnya kesempatan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Beltim yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi PPK.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Beltim Asrikhah mengatakan, syarat umum bagi calon PPK tersebut antara lain warga negara Indonesia berusia paling rendah 17 tahun. Setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

BACA JUGA: Part 10 : Mimpi Anak Pulau | By Nelly Kartins

“Memiliki Intergritas, pribadi yang kuat serta jujur dan adil. Yang bersangkutan bukan merupakan anggota partai politik yang dinyatakan dengan Surat Pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya lima tahun sudah tidak lagi menjadi anggota partai yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai yang bersangkutan”, sebut Asrikhah, Minggu (20/11/2022).

Selain itu, menurut Asrikhah calon peserta PPK juga harus berdomisili di wilayah kecamatan tempatnya melamar, dengan syarat pendidikan minimal SLTA sederajat, serta mampu secara jasmani dan rohani.

“Dan harus bebas dari penyalahgunaan narkotika, serta tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap selama lima tahun atau lebih”, kata Asrikhah.

BACA JUGA: Sekjen Kemensos Minta Tagana Harus Memperkuat Mitigasi Bencana di Daerah