oleh

KPU Beltim Gelar Sosialisasi Bagi Penyandang Disabilitas

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 30 orang penyandang disabilitas di Kecamatan Manggar, Kamis (17/11/2022), mengikuti Sosialisasi Pendidikan Pemilih pada Segmen Disabilitas, bertempat di Water Boom Desa Mekar Jaya Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Sosialisasi Pendidikan Pemilih dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih disabilitas pada Pemilu 2024 mendatang ini menjadi salah satu prioritas KPU Kabupaten Beltim. Hal ini mengingat, penyandang disabilitas juga mempunyai hak yang sama dalam Pemilu, sehingga pemilih segmen ini harus dapat denga merdeka menyalurkan hak pilihnya.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta diberikan materi baik terkait dengan tahapan Pemilu 2024, maupun tata cara memilih. Para penyandang disabilitas ini juga diberikan pemahaman mengenai hak dan fasilitas kemudahan saat menyalurkan suaranya.

Baca Juga: Dandim 0414 Belitung Ingatkan 7 Perintah Harian Kasad TNI AD

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Beltim, Asrikhah mengatakan partisipasi oleh disabilitas ini penting, disabilitas memiliki hak yang sama sebagai pemilih, hak aksesibilitas, memberikan suara, menjadi peserta dan Penyelenggara Pemilu, serta mendapatkan informasi kepemiluan dan demokrasi.

Pemilih dari segmen disabilitas memiliki kepentingan dalam Pemilu diantaranya yakni menyampaikan hak pilih, aksesibel, tidak sekedar menjadi objek, tanpa diskriminatif. KPU juga akan memberikan kemudahan saat memilih dengan didampingi keluarga atau petugas, dengan kriteria penyandang disabilitas tersebut memang benar butuh pendampingan.

“Untuk keistimewaan atau kemudahan tertentu saat memilih tidak semua penyandang disabilitas sama. Hanya untuk disabilitas tertentu seperti tuna netra, dan disabilitas intelektual salah satunya downsyndroom yang boleh ada pendampingan saat di TPS”, kata Asrikhah.

Baca Juga: TPPS Kabupaten Beltim Targetkan Prevalensi Stunting 14 Persen

judul gambar