Ikuti Lomba Monolog Pada Festival Bahasa dan Sastra 2022, Jihan Aulia Raih Juara 1

BELITUNG, pradivanews.com – Jihan Aulia Abdullah, siswa kelas XII Tata Boga SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Kamis (10/11/2022), meraih prestasi sebagai juara pertama pada ajang lomba monolog Festival Bahasa dan Sastra tahun 2022, yang berlangsung di SMA Negeri 1 Tanjungpandan, Belitung.

Dalam pelaksanaan lomba yang digelar sejak pukul pukul 08.00 hingga 15.00 WIB ini, Jihan Aulia dengan menggunakan kostum hitam-hitam menampilkan monolog berjudul Juru Masak Karya Damhuri Muhammad. Jihan Aulia berkompetisi dengan 18 peserta lainnya dari berbagai SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Belitung.

Guru Pembimbing Monolog SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Fitriani,S.Pd mengatakan, saat mengikuti lomba monolog, Jihan Aulia yang sudah banyak menorehkan prestasi ini tampil dengan totalitas dan maksimal.

Fitriani juga menjelaskan teknis dalam lomba monolog tersebut yakni, peserta sesuai dengan nomor urut yang sudah dicabutnya memilih karya cerpen yang sudah disiapkan panitia. Kemudian, karya cerpen tersebut digubah menjadi naskah monolog yang memiliki bobot penilaian.

Dikatakan Fitriani, saat tampil tersebut peserta bebas untuk berekspresi sesuai dengan kesanggupannya, bisa dengan membawa properti, tim musik pengiring khusus, atau tampil hanya dengan tangan kosong, sesuai dengan batas waktu yang diberikan panitia yakni, minimal 10 menit dan maksimal 15 menit.

Menurut Fitriani, tiga orang juri yang melakukan penilaian telah menetapkan 5 pemenang, yakni juara 1 diraih siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan, juara 2 diraih siswa SMA Negeri 2 Tanjungpandan, juara 3 diraih siswa MAN 1 Tanjungpandan, juara 4 diraih siswa SMA Negeri 1 Tanjungpandan, dan juara 5 diraih siswa SMA Negeri 1 Sijuk.

“Alhamdulillah Jihan meraih juara 1 untuk lomba monolog, ini prestasi yang sangat membanggakan sekali, semoga Jihan terus berkarya dan berprestasi sehingga dapat menjadi kebanggaan Orangtua, Guru dan kawan, selamat untuk Jihan Aulia Abdullah”, sebut Fitriani.