oleh

KPU Beltim Lakukan Verfak Terhadap 7 Parpol ke Lapangan

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (KPU Beltim) tengah melaksanakan tahapan verifikasi faktual (Verfak) kepengurusan dan keanggotaan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu tahun 2024.

Parpol yang akan diverfak kepengurusan dan keanggotaannya, merupakan Parpol baru atau Parpol lama yang tidak lolos ambang batas parlemen treshold (non parlemen). Dalam minggu ini, KPU Beltim akan turun ke lapangan untuk mengecek kepengurusan dan keanggotan Parpol tersebut.

Setidaknya, ada 16 Parpol di Kabupaten Beltim yang sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi oleh KPU RI, dan 7 diantara Parpol tersebut meliputi Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Ummat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Baca Juga: 50 Anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung, Ikuti Jota-Joti 2022

“KPU Belitung Timur sebagai penyelenggara pemilu di tingkat Kabupaten, diperintahkan oleh KPU RI dan sesuai undang-undang dan PKPU untuk memfaktualkan terkait kepengurusan dan keanggotaan partai politik tersebut di wilayah Kabupaten Belitung Timur”, kata Ketua KPU Beltim Rizal, saat Rapat Koordinasi Tahapan Verifikasi Faktual KPU Beltim di Hotel Guest Manggar, Senin (17/10/2022).

Sejak Minggu (16/10/2022), KPU Beltim sudah melakukan rangkaian Verfak kepengurusan Parpol. Diungkapkan Rizal ada 5 Parpol yang sudah difaktualkan kepengurusannya di Kabupaten Beltim. Dua sisanya, akan difaktualkan Senin (17/10/2022).

judul gambar