Ditjen P2P Kemenkes Gelar Pencanangan POPM Penyakit Kaki Gajah di Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Ditjen P2P Kemkes) RI, Selasa (18/10/2022), melaksanakan pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis atau penyakit Kaki Gajah, bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Kegiatan dan Pencanangan Minum Obat Filariasis dengan Regimen Ivermectin, Dec dan Albendazole (IDA) ini dilaksanakan secara serentak dalam rangka Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di wilayah Kabupaten Belitung.

BACA JUGA: Sebanyak 16 Desa di Belitung Terindaksi Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah

Ketua Tim Kerja Neglected Tropical Diseases (NTD), Ditjen P2P Kemkes RI, Regina Sidjabat, M.Epid dalam sambutannya mengatakan, kontribusi pemerintah daerah sangat bermanfaat bagi pembangunan kesehatan masyarakat, dengan mengurangi masalah kesehatan masyarakat yang disebabkan oleh kelompok penyakit terabaikan (Neglected Tropical Diseases) diantaranya adalah masalah Filariasis dan Cacingan.

“Sebagaimana kita ketahui, Filariasis atau penyakit kaki gajah merupakan penyakit kronis menahun yang dapat menyebabkan kecacatan menetap. Filariasis menyebabkan kerusakan system limfatik, mengakibatkan pembengkakan di kaki, tangan, glandulla mammae dan scrotum, sehingga menimbulkan cacat seumur hidup serta stigma sosial bagi penderita dan keluarganya”, kata Regina.