oleh

50 Anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung, Ikuti Jota-Joti 2022

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung berkerja sama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) Lokal Belitung menggelar kegiatan Jambore on The Air-Jambore on The Internet (Jota -Joti) 2022. Kegiatan rutin setiap tahun dengan Callsign YH4JLJ, dilaksanakan pada 14-16 Oktober 2022 bertempat di Sekretariat Kwarcab Belitung, Jalan A Yani Tanjungpandan Belitung.

Jota-Joti 2022 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung Muhammad Iqbal, dan diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari 45 orang anggota Pramuka Penegak dan 5 orang anggota Pramuka Penggalang.

Kepala Diskominfo Kabupaten Belitung, Muhammad Iqbal dalam sambutannya mengatakan, Jota-Joti merupakan kegiatan kepanduan terbesar di dunia, yang berbasis pendidikan dan dapat menyatukan anggota pandu di seluruh dunia, di lebih dari 171 negara.

Baca Juga: Pengurus DP MUI Belitung Masa Khidmat 2022-2027, Resmi Dilantik dan Dikukuhkan

Kegiatan ini berlangsung secara daring dan melalui udara menggunakan radio komunikasi. Dimana Kaum muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka, dapat belajar tentang teknologi komunikasi dan dapat terhubung dengan sesama anggota pandu.

“Kita semua berharap, dari kegiatan ini, kaum muda dapat berkomunikasi dengan bijak terutama terhadap penggunaan berbagai flatform media sosial. Jangan sampai kita terjebak sebagai penyebar berita hoax”, kata Iqbal, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Teknologi dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Belitung, Senin (17/10/2022).

Jota

Bersumber releas yang di sampaikan Wikipedia dalam situs resminya, Kegiatan JOTA di prakarsai oleh seorang radio amatir berkebangsaan Inggris bernama Leslie R Mitchell dengan callsign G3BHK, dan pertama kali diselenggarakan dalam rangka peringatan 50 tahun Gerakan Kepanduan Dunia pada tahun 1957.

judul gambar