Pemkab Beltim Ikuti Penilaian STBM Award 2022, Diharapkan Jadi Pemicu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Pemkab Beltim), Kamis (14/10/2022), mengikuti penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Awards 2022 oleh Tim Penilai Pusat dan Provinsi secara daring di ruang rapat Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Beltim.

Program STBM yaitu salah satu program nasional (Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah) dalam upaya mempercepat akses terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. Tujuan dari program ini untuk mewujudkan perilaku yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Baca Juga: Perwakilan ASN Instansi Vertikal Ikuti Sosialisasi Regulasi Pemilu

Saat menyampaikan paparannya, Bupati Beltim Burhanudin (Aan) didampingi Perangkat Daerah terkait, Danramil Manggar, perwakilan Camat Manggar, Sanitarian, Kepala Desa Lalang Jaya, Kepala Baznas Kabupaten Beltim dan Kepala BPJS Kesehatan Beltim.

“STBM yang kami lakukan, goalnya bukan untuk mendapatkan penghargaan atau upaya untuk penilaian-penilaian, tetapi kami mencoba untuk mengawali bahwa masalah kesehatan ini masalah yang krusial bagi manusia”, papar Aan.

STBM

Usai berhasil memenuhi kategori ODF melalui perjalanan waktu yang cukup panjang dari 2017 hingga sekarang, Aan menyampaikan pihaknya juga ingin melanjutkan ke jenjang selanjutnya yakni di 5 pilar STBM.

Baca Juga: Selamat Kepada Nominasi, Ini Dia 18 Top Ekraf Awards Beltim 2022