oleh

Selamat Kepada Nominasi, Ini Dia 18 Top Ekraf Awards Beltim 2022

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Sebanyak 18 pelaku ekonomi kreatif (ekraf) terpilih sebagai Top Ekraf Awards terbaik Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2022. Ekraf Awards Beltim ini digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim melalui Bidang Pemasaran Produk Pariwisata.

Ketua Komunitas Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Kabupaten Beltim, Bambang Suherly mengatakan, penetapan 18 Top Ekraf Awards terbaik ini melalui proses seleksi yang ketat dari masing-masing dewan juri. Sebelum penetapan 18 terbaik ini, Ekraf Awards Beltim 2022 diikuti oleh 36 peserta ekraf dari semua subsektor baik itu kuliner, kriya, topografi, periklanan, serta subsektor lainnya.

Menurutnya, penilaian diberikan antara lain berdasarkan pemenuhan standarisasi produk, kemasan produk yang ramah lingkungan bagi produk kuliner, serta unsur pemberdayaan masyarakat seperti memperkerjakan karyawan. Penilaian oleh dewan juri ini sedang berlangsung, dimulai sejak tanggal 5 Oktober sampai dengan 15 Oktober 2022.

Baca Juga: Melalui Seminar Nasional Pendidikan, Diharapkan Mampu Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Kabupaten Belitung

Setelah penetapan 18 Top Ekraf Awards ini, pada tanggal 14 dan 15 Oktober 2022 dewan juri akan mengunjungi tempat usaha atau rumah produksi dari pelaku ekraf yang masuk 18 besar tersebut, guna melakukan penilaian lebih lanjut serta mendengarkan presentasi dari pelaku ekrafnya.

“Hal ini guna menyakinkan dewan juri, apakah mereka layak menjadi salah satu peserta terbaik yang akan lolos ke tahap selanjutnya dalam seleksi 3 terbaik untuk masing-masing kategori yaitu, pelaku, produk dan usaha. Untuk pengumuman dan penganugerahan pemenang nanti pada bulan November”, sebut Bambang yang juga Dewan Juri Ekraf Awards Beltim, Rabu (12/10/2022) siang.

Dikatakan Bambang, kegiatan Ekraf Awards bertujuan untuk membangkitkan semangat bagi para pelaku ekraf yang ada di Kabupaten Beltim, baik dalam hal menyiapkan produk, meningkatkan mutu produk, bagaimana merintis usaha agar tetap berjalan sehingga berdampak dan berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, serta membawa nama baik daerah melalui produk ekrafnya yang menasional ataupun internasional.

Baca Juga: Samakan Persepsi Tugas, Bakesbangpol Kota Pagar Alam Kunker ke Belitung

“Untuk itu, kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Beltim, yang menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bagian motivasi untuk mendorong semangat bagi para pelaku ekonomi kreatif di bidangnya masing-masing, untuk lebih meningkatkan produktivitas dan peluang bisnis bukan sekedar persaingan yang malah membuat kita justru tidak berkembang”, kata Bambang.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Ekraf Awards Beltim dimulai dari tahap pendaftaran dan pengumpulan karya sejak tanggal 1 September sampai 4 Oktober 2022. Formulir pemberkasan dari masing-masing pelaku ekraf dengan persyaratan wajib sudah punya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi seperti sertifikasi halal dari LPPOM MUI dan juga P-IRT dari Dinas Kesehatan bagi pelaku ekraf dari subsektor kuliner.

“Dalam hal ini ada 17 Subsektor sesuai turunan dari Kemenparekraf yang diperlombakan, dan pemilihan ekraf terbaik tidak dibagi berdasarkan subsektor, tapi dari kategori yang terdiri dari kategori pelaku, produk dan usaha. Tentunya hal ini menambah ketat dalam seleksi Ekraf Awards Beltim 2022, selain dewan juri juga punya indikator tersendiri dalam penilaian terhadap peserta Ekraf Awards ini”, jelas Bambang.

Baca Juga: Guna Mendukung KOTAN, BNN Belitung Gelar Workshop Penguatan Kapasitas kepada Insan Media

Bambang juga menyarankan serta berharap kepada Pemerintah Kabupaten Beltim dapat memberikan ruang atau tempat seperti galeri terpadu untuk produk UMKM dan Ekraf yang ada di Kabupaten Beltim di kawasan strategis pariwisata.

“Dengan adanya sebuah galeri terpadu khusus untuk oleh-oleh khas Belitung Timur, maka dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi pelaku ekraf itu sendiri, dan membuka lowongan pekerjaan nantinya lewat sektor UMKM dan Ekonomi Kreatif tersebut. Hal ini juga memudahkan bagi para wisatawan yang datang ke Belitung Timur dan ke Pulau Belitong”, pungkasnya. (yab)

Baca Juga: Nurhidayah: Para Guru Harus Mendidik Siswa Sesuai Dengan Zaman

Daftar 18 Top Ekraf Awards Beltim 2022

Awards

Sumber: Gemawira Beltim


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar