oleh

Guna Mendukung KOTAN, BNN Belitung Gelar Workshop Penguatan Kapasitas kepada Insan Media

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Guna mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN), Selasa (11/10/2022), Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas kepada Insan Media, bertempat di Hotel Golden Tulip Tanjungpandan.

Kegiatan yang diikuti 20 orang Insan Pers perwakilan dari masing-masing media massa yang ada di Kabupaten Belitung ini, dibuka oleh Kasubag Umum BNN Kabupaten Belitung, Dahnial mewakili Kepala BNN Kabupaten Belitung.

Pemateri workshop diisi oleh dua orang Narasumber yakni, pertama oleh Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) C Tanjungpandan, Jerry Kurniawan. Kedua oleh Ketua Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Kabupaten Belitung, Heriyanto.

Baca Juga: Azmi Siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan Wakili Babel Dalam Ajang LKS Tingkat Nasional

Selain dua orang Narasumber tersebut, materi workshop juga diisi oleh Kasubag Umum BNN Kabupaten Belitung, Dahnial yang menyampaikan materi terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) serta pemahaman tentang Kota Tanggap Ancaman Narkoba.

Narasumber pertama Jerry Kurniawan dalam paparannya, antara lain menjelaskan Community Protector yang memiliki peran sebagai aparatur pengawasan lalu lintas barang, dalam rangka melindungi kepentingan masyarakat melalui upaya-upaya pencegahan dan perlindungan.

“Dalam Community Protector inilah yang membuat Bea Cukai ikut terlibat di dalam penanganan maupun penyebaran, pemasukan dalam rangka penyalahgunaan narkoba”, kata Jerry.

Sedangkan Narasumber kedua, Heriyanto dalam materinya menyampaikan, peran serta Insan Pers sangat diperlukan secara aktif dalam mengikuti dan memberitakan proses penanganan perkara narkoba dari awal penangkapan oleh aparat kepolisian hingga proses persidangannya.

Baca Juga: Pantau Daerah Rawan Banjir, TRC BPBD Belitung Lakukan Patroli Wilayah

Menurut Heriyanto, peran aktif Insan Pers dalam memberitakan proses penanganan perkara narkotika tersebut, tujuannya untuk menimbulkan efek positif guna membantu pemerintah dalam menciptakan Kota Tanggap Ancaman Narkotika, khususnya Tanjungpandan..

“Harapannya, supaya rekan-rekan media dapat mengetahui fakta-fakta yang terungkap di persidangan, sehingga ketika ada hal-hal yang perlu dikembangkan dari fakta-fakta yang terungkap di persidangan tersebut, rekan-rekan media dapat menanyakan kepada tim APH mengenai tindak lanjut dari fakta-fakta yang terungkap di persidangan tersebut”, sebut Heriyanto.

Sementara itu Narasumber ketiga, Kasubag Umum BNN Kabupaten Belitung, Dahnial dalam materinya mengatakan, upaya memberantas narkoba oleh BNN sangat diperlukan dukungan dari semua pihak termasuk Insan Pers, yang memiliki peran dalam membentuk opini publik terkait akan bahaya narkoba.

“Makanya kita harus terus bergandengan tangan dalam memberikan edukasi bahayanya narkoba kepada masyarakat. Peran Insan Pers sangat diperlukan dalam mengedukasi masyarakat, melalui informasi yang disajikan, seperti mengenai rencana aksi BNN Belitung dalam melakukan P4GN”, pungkas Dahnial. (yab)


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar