Azmi Siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan Wakili Babel Dalam Ajang LKS Tingkat Nasional

Dijelaskannya, hal-hal yang dipersiapkan untuk LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 tidak jauh berbeda dengan persiapan untuk LKS Tingkat Provinsi, yakni mengacu pada juknis yang sudah ada.

Menurut Idha, latihan dilakukan dengan melihat mood peserta, jika moodnya kurang bagus atau kondisi fisiknya kurang baik, maka latihan tidak dilakukan. Sebab hal tersebut akan sangat berdampak pada hasil jahitan yang nanti dikerjakan.

Selain latihan secara teori dan praktik, persiapan yang paling utama dilakukan menurut Idha adalah menjaga kesehatan peserta dan menyiapkan mentalnya, karena untuk mengikuti lomba LKS SMK Tingkat Nasional tersebut tidak cukup dengan modal kepintaran semata jika tanpa mempersiapkan mental pesertanya.

“Jika mentalnya siap, kesehatannya terjaga, InShaaAllah peserta akan bisa melakukan setiap tugasnya dengan baik. Semoga Azmi Lailatifah dapat melaksanakan tugasnya sebagai peserta LKS SMK Tingkat Nasional ke-30 tahun 2022 dengan sebaik-baiknya, dan memberikan hasil terbaik”, harap Idha.

Sementara itu, Bidang Perlengkapan LKS SMK di SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Sigit Bayu Aji Andreas mengatakan, perlengkapan seperti meja potong, mesin jahit, mesin obras, kamera dan laptop yang harus disiapkan untuk menghadapi LKS Tingkat Nasional tidak terlalu banyak, karena sudah terpasang saat pelaksanaan LKS Tingkat Provinsi.

Dikatakan Sigit, setting ruangan juga merujuk pada juknis yang diberikan, dan ketika proses TM nantinya akan ada perbaikan dari dewan juri terkait kesesuaian settingan tersebut. Yang paling utama yaitu masalah kamera, karena peserta dan proses kegiatannya harus masuk dalam area kamera agar bisa dilihat oleh dewan juri.

“Sesuai dengan TM, yang boleh di ruangan hanya peserta dan 1 orang Tim IT. Sangat besar pengaruh kesuksesan pelaksanaan lomba, terutama untuk LKS Tingkat Nasional tahun ini, yang pelaksanaannya sama dengan tahun kemarin yakni melalui sistem online, maka jaringan internet sangat berpengaruh sekali”, terang Sigit.

Terpisah, Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpandan Abdul Albar, S.Ag mengatakan, hal terpenting dalam menghadapi LKS SMK Tingkat Nasional tersebut yaitu bagaimana proses persiapan, rutinitas latihan, pembentukan mental serta dukungan semua pihak terhadap peserta baik itu guru serta Tim LKS SMK yang saling berkaitan.

“Proses itu saling berterkaitan, kebersamaan kekompakan itulah hal yang tiada ternilai, semoga Azmi Lailatifah dapat tampil maksimal dan prima pada perhelatan LKS SMK Tingkat Nasional pada tanggal 10 hingga 13 Oktober 2022 mendatang, dan terima kasih sudah membawa dan mengharumkan nama baik SMK Negeri 3 Tanjungpandan ke Tingkat Nasional”, pungkas Abdul Albar. (rel)


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kami…