Azmi Siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan Wakili Babel Dalam Ajang LKS Tingkat Nasional

BELITUNG, pradivanews.com – Azmi Lailatifah siswa kelas XII jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Tanjungpandan, mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada perhelatan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS SMK) tingkat Nasional ke-30 tahun 2022 pada bidang lomba Fashion Technology (Teknologi Mode). LKS SMK ini dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 Oktober 2022 secara Daring.

Sebelumnya, Azmi Lailatifah berhasil mengungguli dan maju sebagai juara pertama pada LKS SMK Tingkat Provinsi Babel yang dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 27 Agustus 2022. Dari prestasi tersebut, Azmi berhak tampil ke LKS SMK Tingkat Nasional. Selanjutnya, Azmi akan berkompetisi dengan 28 Peserta lainnya dari 28 provinsi yang telah lolos ke jenjang Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah hirobbil’alamin sangat senang, bahagia, dan bangga bisa membawa nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke kancah Nasional, bisa membawa nama SMKN 3 Tanjungpandan khususnya jurusan Tata Busana yang merupakan jurusan baru, karena baru berusia 3 tahun di LKS SMK Tingkat Nasional ke-30 tahun 2022”, ungkap Azmi Lailatifah.

Guru Pembimbing LKS SMK Bidang Lomba Fashion Technology SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Idha Scopinova mengatakan, LKS SMK diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, dengan 47 bidang lomba.

“Dengan 6 area kategori diantaranya kelompok konstruksi, teknologi bangunan dan agribisnis, kelompok seni kreatif dan fashion, kelompok teknologi informasi dan komunikasi, kelompok teknologi manufaktur dan rekayasa, kelompok pariwisata dan layanan sosial dan individual, serta kelompok transportasi yang melibatkan peserta didik terbaik di bidangnya pada tiap provinsi”, kata Idha.

Lebih lanjut Idha mengatakan, LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 merupakan salah satu kegiatan yang mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK dalam rangka mempromosikan lulusan SMK yang berprestasi. Rangkaian kegiatan LKS SMK Tingkat Nasional meliputi lomba-lomba dan kegiatan pendukung, antara lain pameran produk hasil karya peserta didik SMK, seminar, job matching, dan proses sertifikasi.

“Harapannya kegiatan pendukung tersebut akan memberikan motivasi peserta didik SMK untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri. Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berperan dalam mendukung pengembangan kualitas SMK dalam mengikuti perkembangan IPTEK dan memenuhi Visi Indonesia 2045”, lanjut Idha.

Peluang peserta didiknya dalam mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 menurut Idha sulit untuk ditebak, mengingat sistem lomba yang dilaksanakan secara online, dimana peserta satu sama lain tidak pernah bertemu, sehingga sulit untuk menilai atau mengukur kemampuan masing-masing peserta.

“Tapi walaupun begitu, kami tetap berusaha melakukan yang terbaik dengan penuh kejujuran. Setiap kompetisi kita pasti berharap menang, tapi itu tidak dijadikan tujuan utama agar tidak menjadi beban untuk Azmi. Dengan banyak latihan serta diiringi dengan doa kepada Allah SWT, dan restu dari orang tua, guru serta teman-temannya, InShaaAllah Azmi siap mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022”, sebut Idha.

“Azmi Lailatifah lebih banyak latihan desain, latihan pola CAD (pola digital), latihan mendraping (membuat pola langsung pada boneka maynekin), memperbanyak latihan membuat pola manual, dan laihan menjahit agar semakin lancar dan paham bagian-bagian pakaian yang harus lebih dulu dijahit”, jelas Idha.