oleh

Azmi Siswa SMK Negeri 3 Tanjungpandan Wakili Babel Dalam Ajang LKS Tingkat Nasional

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Azmi Lailatifah siswa kelas XII jurusan Tata Busana di SMK Negeri 3 Tanjungpandan, mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada perhelatan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS SMK) tingkat Nasional ke-30 tahun 2022 pada bidang lomba Fashion Technology (Teknologi Mode). LKS SMK ini dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 Oktober 2022 secara Daring.

Sebelumnya, Azmi Lailatifah berhasil mengungguli dan maju sebagai juara pertama pada LKS SMK Tingkat Provinsi Babel yang dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 27 Agustus 2022. Dari prestasi tersebut, Azmi berhak tampil ke LKS SMK Tingkat Nasional. Selanjutnya, Azmi akan berkompetisi dengan 28 Peserta lainnya dari 28 provinsi yang telah lolos ke jenjang Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah hirobbil’alamin sangat senang, bahagia, dan bangga bisa membawa nama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke kancah Nasional, bisa membawa nama SMKN 3 Tanjungpandan khususnya jurusan Tata Busana yang merupakan jurusan baru, karena baru berusia 3 tahun di LKS SMK Tingkat Nasional ke-30 tahun 2022”, ungkap Azmi Lailatifah.

Baca juga: Pantau Daerah Rawan Banjir, TRC BPBD Belitung Lakukan Patroli Wilayah

Guru Pembimbing LKS SMK Bidang Lomba Fashion Technology SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Idha Scopinova mengatakan, LKS SMK diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, dengan 47 bidang lomba.

“Dengan 6 area kategori diantaranya kelompok konstruksi, teknologi bangunan dan agribisnis, kelompok seni kreatif dan fashion, kelompok teknologi informasi dan komunikasi, kelompok teknologi manufaktur dan rekayasa, kelompok pariwisata dan layanan sosial dan individual, serta kelompok transportasi yang melibatkan peserta didik terbaik di bidangnya pada tiap provinsi”, kata Idha.

Lebih lanjut Idha mengatakan, LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 merupakan salah satu kegiatan yang mendorong semangat berprestasi peserta didik SMK dalam rangka mempromosikan lulusan SMK yang berprestasi. Rangkaian kegiatan LKS SMK Tingkat Nasional meliputi lomba-lomba dan kegiatan pendukung, antara lain pameran produk hasil karya peserta didik SMK, seminar, job matching, dan proses sertifikasi.

“Harapannya kegiatan pendukung tersebut akan memberikan motivasi peserta didik SMK untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri. Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi berperan dalam mendukung pengembangan kualitas SMK dalam mengikuti perkembangan IPTEK dan memenuhi Visi Indonesia 2045”, lanjut Idha.

Peluang peserta didiknya dalam mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 menurut Idha sulit untuk ditebak, mengingat sistem lomba yang dilaksanakan secara online, dimana peserta satu sama lain tidak pernah bertemu, sehingga sulit untuk menilai atau mengukur kemampuan masing-masing peserta.

“Tapi walaupun begitu, kami tetap berusaha melakukan yang terbaik dengan penuh kejujuran. Setiap kompetisi kita pasti berharap menang, tapi itu tidak dijadikan tujuan utama agar tidak menjadi beban untuk Azmi. Dengan banyak latihan serta diiringi dengan doa kepada Allah SWT, dan restu dari orang tua, guru serta teman-temannya, InShaaAllah Azmi siap mengikuti LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022”, sebut Idha.

Dijelaskannya, hal-hal yang dipersiapkan untuk LKS SMK Tingkat Nasional tahun 2022 tidak jauh berbeda dengan persiapan untuk LKS Tingkat Provinsi, yakni mengacu pada juknis yang sudah ada.

“Azmi Lailatifah lebih banyak latihan desain, latihan pola CAD (pola digital), latihan mendraping (membuat pola langsung pada boneka maynekin), memperbanyak latihan membuat pola manual, dan laihan menjahit agar semakin lancar dan paham bagian-bagian pakaian yang harus lebih dulu dijahit”, jelas Idha.

Baca Juga: Perpanjangan Pendaftaran dan Penerimaan Berkas Calon Anggota Panwascam Resmi Ditutup

Menurut Idha, latihan dilakukan dengan melihat mood peserta, jika moodnya kurang bagus atau kondisi fisiknya kurang baik, maka latihan tidak dilakukan. Sebab hal tersebut akan sangat berdampak pada hasil jahitan yang nanti dikerjakan.

Selain latihan secara teori dan praktik, persiapan yang paling utama dilakukan menurut Idha adalah menjaga kesehatan peserta dan menyiapkan mentalnya, karena untuk mengikuti lomba LKS SMK Tingkat Nasional tersebut tidak cukup dengan modal kepintaran semata jika tanpa mempersiapkan mental pesertanya.

“Jika mentalnya siap, kesehatannya terjaga, InShaaAllah peserta akan bisa melakukan setiap tugasnya dengan baik. Semoga Azmi Lailatifah dapat melaksanakan tugasnya sebagai peserta LKS SMK Tingkat Nasional ke-30 tahun 2022 dengan sebaik-baiknya, dan memberikan hasil terbaik”, harap Idha.

Baca Juga: 749 Peserta Ikuti Belitung Beach Run 5K

Sementara itu, Bidang Perlengkapan LKS SMK di SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Sigit Bayu Aji Andreas mengatakan, perlengkapan seperti meja potong, mesin jahit, mesin obras, kamera dan laptop yang harus disiapkan untuk menghadapi LKS Tingkat Nasional tidak terlalu banyak, karena sudah terpasang saat pelaksanaan LKS Tingkat Provinsi.

Dikatakan Sigit, setting ruangan juga merujuk pada juknis yang diberikan, dan ketika proses TM nantinya akan ada perbaikan dari dewan juri terkait kesesuaian settingan tersebut. Yang paling utama yaitu masalah kamera, karena peserta dan proses kegiatannya harus masuk dalam area kamera agar bisa dilihat oleh dewan juri.

“Sesuai dengan TM, yang boleh di ruangan hanya peserta dan 1 orang Tim IT. Sangat besar pengaruh kesuksesan pelaksanaan lomba, terutama untuk LKS Tingkat Nasional tahun ini, yang pelaksanaannya sama dengan tahun kemarin yakni melalui sistem online, maka jaringan internet sangat berpengaruh sekali”, terang Sigit.

Baca Juga: Bazar Ikan Murah, Total Penjualan Mencapai 955 Kg

Terpisah, Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpandan Abdul Albar, S.Ag mengatakan, hal terpenting dalam menghadapi LKS SMK Tingkat Nasional tersebut yaitu bagaimana proses persiapan, rutinitas latihan, pembentukan mental serta dukungan semua pihak terhadap peserta baik itu guru serta Tim LKS SMK yang saling berkaitan.

“Proses itu saling berterkaitan, kebersamaan kekompakan itulah hal yang tiada ternilai, semoga Azmi Lailatifah dapat tampil maksimal dan prima pada perhelatan LKS SMK Tingkat Nasional pada tanggal 10 hingga 13 Oktober 2022 mendatang, dan terima kasih sudah membawa dan mengharumkan nama baik SMK Negeri 3 Tanjungpandan ke Tingkat Nasional”, pungkas Abdul Albar. (rel)


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar