oleh

Selamatan Laut Buang Jong ke-78 Desa Tanjung Tinggi

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Selain Pemerintahan Desa (Pemdes) Keciput, pada hari yang sama, Senin (10/10/2022), Pemdes Tanjung Tinggi juga menggelar Ritual Adat Selamatan Laut Buang Jong, yang dilaksanakan di Pantai Teluk Limau, Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Acara yang dilaksanakan oleh masyarakat nelayan Desa Tanjung Tinggi, yang bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur atas keselamatan dan rejeki yang diperoleh dari hasil laut ini, berlangsung pukul 08.30 WIB dan dihadiri Wakil Bupati Belitung serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pemdes

Sebelum ritual pelepasan Jong atau miniatur perahu ke tengah laut, pada acara pembukaan Ritual Adat Buang Jong Desa Tanjung Tinggi ini, ditampilkan seni tari Selamat Datang dan Tarian Bambu Pulo. Acara pembukaan dilanjutkan dengan laporan dan kata sambutan.

Ketua Panitia Pelaksana Yudi dalam laporannya mengatakan, acara Selamat Laut Buang Jong merupakan acara rutin yang diselenggarakan setiap tahun secara swadaya oleh masyarakat nelayan Desa Tanjung Tinggi.

Ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih Panitia Pelaksana kepada Pemdes Tanjung Tinggi, yang sudah mendukung dalam mensukseskan acara Selamatan Laut Buang Jong tersebut.

“Berharap kedepannya, acara seperti ini dapat dilakukan lebih baik dengan dukungan dan pendampingan dari Pemkab Belitung demi mempertahankan adat istiadat dan budaya serta untuk mendukung sektor pariwisata dan Desa wisata Tanjung Tinggi”, sebut Yudi.

Pemdes

Dalam sambutannya, Kades Tanjung Tinggi Sudarmo mengatakan, kegiatan adat istiadat dalam acara Buang Jong sudah rutin dilaksanakan Desa Tanjung Tinggi setiap tahunnya, dan sudah dimulai sejak tahun 1914 silam.

“Ini merupakan yang ke 78 kali, karena acara seperti ini pernah tidak dilaksanakan yang mengakibatkan adanya gangguan hidup masyarakat Tanjung Tinggi”, kata Sudarmo.

Lebih lanjut Sudarmo mengatakan, Pemdes Tanjung Tinggi akan tetap mendukung acara seperti Buang Jong. Ia juga mengimbau para nelayan saat menagkap ikan agar menggunakan alat tangkap yang diizinkan, serta melengkapi indentitas atau pas kapal.

“Semoga dengan acara selamatan ini, dalam mencari nafkah kita selalu diberikan perlindungan dan kesehatan di laut, dengan tetap menjaga kelestarian dan ekosistem laut”, lanjut Sudarmo.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie dalam sambutan mengatakan, kearifan lokal seperti Ritual Adat Buang Jong harus didaftarkan secara hukum dan administrasi, sebagai warisan kepada anak cucu kedepannya nanti.

Dikatakan Isyak, perkembangan dunia saat ini sangat cepat maka masyarakat Belitung juga harus bersiap, setelah Belitung naik kelas, berhasil menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan G20 dan sebagai UNESCO Global Geopark.

“Percayalah dengan pelaksanaan G20 di Belitung akan membawa kebaikan dan dikenal dunia Internasional dan pada Bulan Desember nanti Belitung juga dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan Maritim sedunia”, ungkap Isyak.

Pemdes

Dengan terjadinya krisis global, Isyak mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam mengelola pendapatan dan pengeluaran ekonomi. Ia juga berpesan kepada para nelayan agar tetap bersyukur atas rezeki dari kekayaan hasil laut.

“Semoga dengan ritual ini, masyarakat Tanjung Tinggi dan sekitarnya mendapatkan keselamatan dan kelancaran dalam mencari nafkah. Mari kita bekerja secara bergotong royong demi kemajuan Belitung kedepan”, pungkas Isyak. (yab)


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar