oleh

Kapolres Belitung: Hindari Tindakan Pungli Demi Terwujudnya Polantas yang Bersih

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana Zeviansyah menekankan agar personil Satlantas Polres Belitung untuk menghindari tindakan pungli demi terwujudnya Polantas yang bersih, menjalankan tugas secara baik, tegas dan humanis sehingga tidak ada komplain dari masyarakat.

Hal ini diungkapkan AKBP Tris Lesmana Zeviansyah kepada sejumlah awak media, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Menumbing tahun 2022, Senin (03/10/2022) pagi, bertempat di halaman Mapolres Belitung.

AKBP Tris Lesmana Zeviansyah juga mengatakan, Operasi Zebra Menumbing merupakan operasi kewilayahan dalam rangka menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di Kabupaten Belitung. Selain itu, juga untuk cipta kondisi menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang.

“Tujuan operasi ini menciptakan situasi yang kondusif dan tertib berlalu lintas, sehingga bisa terwujudnya rasa simpatik masyarakat terhadap Polri, khususnya bidang lalu lintas”, kata AKBP Tris Lesmana Zeviansyah kepada awak media.

Baca Juga: PKB Belitung Gelar Dikpol Kepada Kader di Kecamatan Tanjungpandan

AKBP Tris Lesmana Zeviansyah berharap, melalui Operasi Zebra Menumbing ini dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, dan angka fatalitas kecelakaan, serta dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Ia juga menekankan kepada jajaran Satlantas Polres Belitung untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipatif baik secara taktis, teknis maupun strategis, agar mampu merubah pola pikir masyarakat menjadi taat kepada peraturan berlalu lintas.

“Saya ucapkan selamat melaksanakan tugas kepada para personil yang terlibat dalam operasi dengan sandi Zebra Menumbing ini. Hindari tindakan pungli demi terwujudnya Polantas yang bersih, jalankan tugas secara baik, tegas dan humanis sehingga tidak ada komplain dari masyarakat”, tegas AKBP Tris Lesmana Zeviansyah.

Baca Juga: Berikut Ini Fakta Terkait Meninggalnya Pria di Kamar 110 Rahat Icon Hotel Tanjungpandan

Dilaksanakan Secara Stasioner dan Hunting

Terpisah, Kabag Ops Polres Belitung Kompol Iman Teguh Prasetyo kepada sejumlah awak media mengatakan, Operasi Zebra Menumbing akan dilaksanakan selama 2 pekan kedepan, terhitung sejak tanggal 3 Oktober hingga tanggal 16 Oktober 2022 mendatang, dengan melibatkan sebanyak 50 personil Satlantas Polres Belitung.

Kompol Iman Teguh Prasetyo juga mengatakan, Operasi Zebra Menumbing akan dilaksanakan secara stasioner dan hunting, yakni petugas berkeliling mencari pengendara yang tidak mematuhi aturan tata tertib berlalu lintas di jalan raya.

“Karena dilaksanakan oleh Satlantas Polres Belitung, jadi sasaran operasi adalah para pengendara yang tidak mentaati peraturan lalu lintas. Untuk teknis pelaksaannya, kita menggunakan sistem stasioner maupun hunting”, sebut Kompol Iman Teguh Prasetyo usai apel gelar pasukan di Mapolres Belitung.

Baca Juga: PT Timah Dukung Kwarcab Pramuka Beltim Ikuti Jamnas ke XI Tahun 2022

Dijelaskannya, target pelanggaran yang menjadi fokus penindakan dalam Operasi Zebra Menumbing antara lain berkendara sambil menggunakan smartphone, dan tidak menggunakan sabuk pengaman saat mengendarai mobil.

“Kami akan mengedepankan humanis dulu, kemudian baru dilakukan penegakan hukum melalui tilang, karena kita mengedepankan e-TLE (sistem tilang elektronik)”, jelas Kompol Iman Teguh Prasetyo.

Kompol Iman Teguh Prasetyo menambahkan, pihaknya akan mengedepankan humanis dan pendidikan masyarakat (Dikmas) lantas, dengan melakukan penyuluhan sebagai upaya dalam mencegah terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Khusus di Belitung ini, untuk mencegah terjadinya pelanggaran ataupun kecelakaan, kami akan melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang belum mengerti peraturan lalu lintas. Kami harap masyarakat belitung bisa mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara demi keselamatan bersama”, pungkasnya. (yab)

Baca Juga: Dandim 0414 Belitung Berikan Bantuan Kepada Anak Stunting


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar