oleh

Bupati Belitung Buka SMANSA Berage Art Festival 2022

judul gambar

BELITUNG, pradivanews.com – Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), Jumat (30/09/2022), secara resmi membuka acara SMANSA Berage Art Festival 2022 bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung. Acara perdana ini digelar selama 3 hari hingga tanggal 2 Oktober 2022 mendatang.

Dalam sambutannya, Sanem mengapresiasi pihak sekolah yang telah menyelenggarakan acara SMANSA Berage Art Festival 2022. Menurutnya, upaya dalam meningkatkan SDM bukan hanya dalam bentuk materi pelajaran semata. Tapi diperlukan juga motivasi dari sekolah dalam memberikan ruang berkreasi bagi siswa.

“Sangat perlu sekali wadah bagi siswa, selain materi pelajaran di sekolah, juga didukung dengan kesempatan untuk berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan soft skill mereka”, sebut Sanem.

Baca Juga: Juanda, Bayi 11 Bulan Asal Beltim Butuh Bantuan Untuk Operasi Kepala

Lebih lanjut Sanem mengatakan, muatan seni budaya dalam aktivitas pembelajaran sekolah juga menjadi bagian dari pendidikan karakter bagi siswa. Dengan demikian siswa tidak saja dididik agar menjadi cerdas, tapi juga didukung untuk memiliki karakter yang baik.

“Akhlak perlu diperhatikan, saya meyakini kegiatan seperti ini dapat ikut membentuk akhlak, menjadi bagian dalam rangka berkreasi dan berinovasi. Persoalan ilmu dapat mencari di internet, tapi akhlak harus dibentuk terus menerus dalam kegiatan positif seperti ini”, lanjut Sanem.

Sanem juga menegaskan agar para siswa tidak hanya menjadi insan yang berilmu, tapi juga harus menjadi insan yang beradab.

“Banyak contoh sekarang ini yang berilmu tapi tidak beradab, yang ujungnya menyalakan gunakan keilmuan dan kekuasaan yang dimiliki”, tegas Sanem.

Baca Juga: SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Raih 3 Kategori Juara Pada Ajang Gebyar Museum Badau 2022

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Tanjungpadan, Jantimala mengatakan, acara SMANSA Berage Art Festival 2022 digelar dengan tujuan untuk menumbuhkan kreatifitas minat dan bakat anak didik dalam mengelola suatu pertunjukan. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari proses pembelajaran siswa dalam penerapan Kurikulum Merdeka

Jantimala juga mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya SMA Negeri 1 Tanjungpandan rutin menggelar acara serupa, namun terhenti karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu SMANSA Berage Art Festival 2022 kali ini digelar dengan nuansa yang berbeda.

“Even-even kegiatan berbeda disatukan dan digelar diluar sekolah, dengan tujuan agar dapat dinikmati oleh masyarakat luas”, kata Jantimala.

Baca Juga: IKMB Pulau Bangka Terima Kunjungan Siswa SMA Negeri 3 Pangkalpinang

Ditambahkannya, terselenggaranya acara SMANSA Berage Art Festival 2022 juga mendapat dukungan dari para alumni SMA Negeri 1 Tanjungpandan, orang tua siswa, dan sponsor yang peduli sehingga acara ini dapat berlangsung dengan meriah.

“Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada alumi-alumni yang telah berpastisipasi dalam menyukseskan acara ini, khususnya bapak Djoni Alamsyah salah satu alumni SMANSA tahun 1986. Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung sukses dan terus mendapat dukungan dari masyarakat”, ujar Jantimala.

Smansa

Acara SMANSA Berage Art Festival 2022 yang mengusung tema Mandiri Berkreasi Merdeka Berekspresi ini menampilkan berbagai macam acara pentas seni dan perlombaan, mulai dari lomba mashup, lomba seni lukis, pagelaran seni, bazar kewirausahaan siswa, jalan sehat dan senam aerobik, serta donor darah.

Baca Juga: Kisah Kepahlawanan Hanandjoeddin Dipentaskan Melalui Drama Teatrikal oleh SMK Negeri 1 Badau

Selain menampilkan pertunjukan seni dan perlombaan, para siswa juga menjual berbagai macam produk olahan yang dipamerkan pada stan-stan di sekitar area panggung Pantai Wisata Tanjung Pendam.

Salah satu pengunjung yang juga alumni SMA Negeri 1 Tanjungpandan tahun 2005, Febs mengaku sangat puas dengan terselenggaranya acara SMANSA Berage Art Festival 2022 ini. Sebagai Alumni ia sangat mengapresiasi kegiatan yang dinilainya dapat menumbuhkan kreatifitas siswa tersebut.

“Saya antusias, pada waktu angkatan kami (2005) belum ada acara seperti ini. Semoga kegiatan ini dapat rutin dilakukan setiap tahun. Harapan saya juga agar alumni-alumni berpatisipasi lebih aktif. Juga ada harapan untuk dapat mengundang artis band kedepannya”, pungkasnya. (*/lih)

Baca Juga: Waspada, Merokok Masuk Kategori Keluarga Berisiko Stunting


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar