Tingkatkan Partisipasi Pengawasan Pemilu, Bawaslu Belitung Gelar Kegiatan Jelajah Pengawasan

BELITUNG, pradivanews.com – Bawaslu Kabupaten Belitung, Rabu (21/09/2022), menggelar kegiatan Jelajah Pengawasan dalam rangka Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu 2024 bersama Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, dan Media Massa yang ada di Kabupaten Belitung.

Kegiatan Jelajah Pengawasan yang berlangsung sejak pukul 09.30 WIB di Kafe Ku Lagak di Jalan Diponegoro Tanjungpandan ini, dibuka langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Heikal Fackar, yang didampingi Komisoner Bawaslu Kabupaten Belitung Yeri Larona dan Rina Dardini.

Guna menampung ide dan saran dari peserta kegiatan terkait dengan hal pengawasan tahapan Pemilu 2024 yang bisa menjadi rujukan bagi Bawaslu Kabupaten Belitung, maka kegiatan Jelajah Pengawasan dilaksanakan dengan konsep diskusi panel secara berkelompok.

Hasil pembahasan dalam diskusi kelompok ini, selanjutnya dipaparkan oleh masing-masing perwakilan kelompok secara lisan, untuk kemudian dibahas ataupun ditanggapi secara bersama-sama oleh seluruh peserta kegiatan, dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Belitung itu sendiri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Heikal Fackar mengatakan, kegiatan Jelajah Pengawasan merupakan salah satu cara Bawaslu menyentuh dan mendekatkan diri kepada semua elemen masyarakat guna meningkatkan partisipasi pengawasan Pemilu 2024.

“Melalaui momen ini, kami ingin mendapatkan masukan dan saran dari masyarakat terkait apa saja yang bisa dilakukan di dalam mengawasi tahapan Pemilu, yang tentunya semua masukan dan saran ini sangat membantu kami dalam mengawasi pemilu”, sebut Heikal.

Jelajah Pengawasan ini menurut Heikal, sesuai dengan motto Bawaslu yang berbunyi bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu. Artinya, pertama bersama rakyat awasi Pemilu, Bawaslu tidak bekerja sendiri dalam hal mengawasi tahapan Pemilu.

“Kenapa sebab, karena memang personil kami yang terbatas sehingga secara melekat mengawasi tidak mungkin bisa mengcover semuanya. Oleh sebab itu kami sangat yakin motto ini diambil oleh pimpinan kami, bahwa dengan partisipasi pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat, maka hasil-hasil pengawasan yang kami lakukan pun akan maksimal”, ungkap Heikal.

Yang kedua, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu, kata Heikal menegakkan keadilan Pemilu ini tidak hanya seputar hukum, sanksi pidana ataupun sanksi lainnya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Tetapi termasuk juga dalam menegakkan informasi yang didapat masyarakat terkait dengan kepemiluan.

“Program berlanjut yang dilakukan Bawaslu baik itu ada tahapan maupun tidak, adalah meningkatkan partisipasi pengawasan, salah satunya dengan kegiatan Jelajah Pengawasan. Selain itu, ada juga namanya forum warga, dimana kami marangkul kaum-kaum marginal, dengan langsung datang ke rumah-rumah warga”, lanjut Heikal.

Lebih lanjut Heikal mengatakan, hasil dari kegiatan Jelajah Pengawasan bersama Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan dan Media Massa ini akan ditampung sebagai bahan masukan bagi Bawaslu Kabupaten Belitung dalam meningkatkan Partisipasi Pengawasan tahapan Pemilu 2024.

“Semua ide dan saran dari peserta diskusi, kami terima dan kami tampung, untuk selanjutnya akan kami tindaklanjuti melalui pembahasan dan kajian secara mendalam. Kemudian jika ke depannya ada anggaran yang memungkinkan, maka hasil kajian tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan”, pungkasnya. (yab)


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦