Bawaslu Belitung Buka Rekrutmen Panwascam, Ini Tahapannya

BELITUNG, pradivanews.com – Rekrutmen Panwascam hari ini dibuka oleh Bawaslu Kabupaten Belitung. Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Heikal Fackar, Rabu (21/09/2022), usai kegiatan Jelajah Pengawasan bersama Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan dan Media Massa, bertempat di Kafe Ku Lagak, Jalan Diponegoro Tanjungpandan.

Menurut Heikal, tahapan seleksi Panwascam sudah masuk pada tahap pendaftaran peserta yang dibuka tanggal 21 September hingga 27 September 2022 mendatang. Masa pendaftaran akan diperpanjang jika jumlah pendaftar di setiap kecamatan kurang dari 2 kali jumlah kebutuhan per kecamatan.

“Jadi, di setiap kecamatan ini dibutuhkan 3 orang, maka minimal pesertanya harus 6 orang pendaftar, karena dikali 2 jumlah kebutuhan tadi. Jika pendaftarnya di setiap kecamatan kurang dari 6 orang peserta, maka masa pendaftarannya akan diperpanjang”, sebut Heikal.

Selain itu lanjut Heikal, masa pendaftaran juga akan diperpanjang jika keterwakilan peserta perempuannya kurang dari 30 persen. Syarat keterwakilan perempuan sebagai peserta ini, diwajibkan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Quota perempuannya wajib 30 persen saat pendaftaran. Klo dari 6 orang peserta itu, maka 30 persen peserta perempuannya 2 orang. Nah ini sangat diakomodir keterwakilan perempuan saat pendaftaran. Kalau penetapan 3 orang nantinya berdasarkan hasil penilaian tertulis dan wawancara”, lanjut Heikal.

Dikatakan Heikal, kebutuhan Panwascam seluruhnya 15 orang untuk 5 kecamatan, dengan komposisi 3 orang setiap kecamatan. Untuk lolos dan masuk menjadi bagian dari 3 anggota Panwascam tersebut, maka peserta harus memenuhi semua syarat yang ditetapkan serta mengikuti setiap tahapan seleksi.

“Syarat usianya minimal 25 tahun dan maksimal tidak ada. Kalau tahapannya itu, pertama harus lolos seleksi administrasi, nanti akan dilihat syarat-syarat administrasinya terpenuhi atau tidak. Kedua lolos tes tertulis, terakhir masuk seleksi wawancara”, kata Heikal.

Lebih lanjut Heikal mengatakan, seleksi tertulis akan dilaksanakan dengan cara Computer Assisted Test (CAT), untuk mendukung transparansi dalam proses rekrutmen Panwascam oleh Bawaslu Kabupaten Belitung.

“CAT ini tidak ada penilaian dari kami, tetapi pada saat tes mereka tahu hasilnya masing-masing, yang langsung diumumkan hasilnya untuk menuju seleksi wawancara. Nanti akan diambil 6 orang berdassrkan nilai tertinggi hasil CAT. Jadi akan ada sistim gugur pada tahap seleksi tertulis”, jelas Heikal.

Masyarakat yang namanya dimasukkan oleh Partai Politik ke dalam SIPOL tanpa sepengetahuan yang bersangkutan, bisa mengikuti seleksi Panwascam dengan membuat surat pernyataan tidak pernah masuk Partai, serta surat pernyataan dari KPU Kabupaten Belitung bahwa yang bersangkutan pernah melapor terkait pencatutan namanya tersebut.

“Dari laporan tersebut, nanti KPU yang mengeluarkan surat untuk yang bersangkutan bahwa namanya betul dicatut berdasarkan laporannya. Kemudian pada seleksi wawancara, akan kami rekam dengan video pernyataannya tidak masuk sebagai anggota Parpol, tetapi namanya yang dicatut oleh Parpol”, papar Heikal.

Heikal berharap proses rekrutmen Panwascam pada tahun 2022 berjalan transparan dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Mengingat Panwascam merupakan perpanjangan Bawaslu dalam menjalankan fungsi dan tanggugjawabnya dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024.

“Karena Panwascam ini yang akan membantu kami, ini akan sangat bergantung kepada integritas, dan juga dengan kapabilitas mereka.
Jadi mudah-mudahan rekrutmen Panwascam tahun ini sesuai dengan harapan kita semua, transparan, terbuka dan informasinya bisa didapat oleh masyarakat secara umum”, pungkasnya. (yab)


Sahabat
Ikuti terus perkembangan informasi dari media online pradivanews.com, yang update informasinya selalu kami sajikan di halaman atau fanpage Facebook Sahabat pradivanews

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk menyajikan informasi dalam format visual…
Terima kasih kepada sahabat semua, yang sudah bersedia mengunjungi website kamiā€¦