oleh

Cegah Stunting, Perempuan Bangsa Belitung Gelar Sosialisasi Kepada Kader

BELITUNG, pradivanews.com – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perempuan Bangsa PKB Kabupaten Belitung bekerjasama dengan Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sabtu (17/09/2022), menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu Bersama Mitra Kerja, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diikuti 100 orang Kader Stunting dari Kecamatan Tanjungpandan, Kecamatan Badau, dan Kecamatan Sijuk. Selain itu acara ini juga diikuti perwakilan Muslimat NU Kabupaten Belitung, serta Pengurus DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Belitung.

Baca Juga: Mimpi Anak Pulau – By Nelly Kartins

Ketua DPC PKB Kabupaten Belitung, Ira Maghfiroh mengatakan, kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting ini merupakan program yang diusulkan oleh Komisi IX DPR RI Bidang Kesehatan, untuk dilaksanakan di Kabupaten Belitung.

“Usulan dari anggota Komisi 9 DPR RI, ibu Dr Hj Nihayatulah Firoh ini kami tindaklanjuti sebagai bentuk kerjasama dengan DPC PKB Belitung, kemudian kami membentuk kepanitiaan untuk penyelenggaraan kegiatan ini di sini (Belitung, red)”, sebut Ira kepada pradivanews.com via telpon, Minggu (18/09/2022).

Menurut Ira, materi dalam acara Sosialisasi Pencegahan Stunting ini disajikan dalam format ceramah yang disampaikan oleh utusan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Babel, Fajar Supriyadi Sentosa, SH, serta Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung Salman Alfarisi, S. S.TP.

“Materi acara sosialisasi yang disampaikan dengan cara ceramah ini, membahas permasalahan terkait menikah di usia yang tepat, serta stunting sebagai penyebab tumbuh kembang anak yang tidak optimal”, ungkap Ira.

Baca Juga: Koordinator Presidium MW KAHMI Babel Lantik Kepengurusan MD KAHMI se-Pulau Belitong

Dikatakan Ira, peserta sosialisasi juga menerima penjelasan terkait Stunting yang harus dipahami khususnya Kader. Dimana Stunting itu merupakan pertumbuhan anak yang tidak optimal dikarenakan oleh buruknya gizi dan ketidaksiapan dalam proses sebelum kehamilan ataupun sebelum pernikahan.

“Pemateri juga menjelaskan pengertian stunting kepada peserta, terutama kader yang memang harus memahami dulu apa itu Stunting. Jadi Stunting itu terhambatnya pertumbuhan anak, pertumbuhan anak ini tidak optimal dikarenakan faktor gizi, maupun faktor kesehatan lainnya dari orang tuanya”, kata Ira.

Bangsa

Lebih lanjut Ira mengatakan, dalam sosialisasi juga dibahas langkah-langkah pencegahan Stunting yang dilakukan dengan cara memberikan pendampingan oleh kader maupun tenaga kesehatan terhadap generasi muda yang sudah siap untuk berumah tangga.

“Jadi nanti, ada proses pendampingan sebelum pernikahan itu, dua atau tiga bulan sebelum pernikahan itu ada pendampingan dari bidan, ataupun dari layanan kesehatan Puskesmas supaya orang-orang sebelum menikah itu benar-benar tidak ada penyakit, ataupun riwayat yang membahayakan kelahiran diberikutnya”, lanjut Ira.

Baca Juga: Mantapkan Kesiapan Rakerda ABPEDNAS se-Babel, Panitia Gelar Rapat Evaluasi dan Pemantapan

Ira menambahkan, kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting dari Hulu Bersama Mitra digelar dengan tujuan meningkatkan informasi dan edukasi kepada seluruh kader Posyandu mengenai stunting dan gizi anak. Ira berharap, para Kader nantinya mampu mendampingi dan mengedukasi gizi dan asupan makanan yang sehat kepada anak.

“Tujuannya memberikan edukasi tentang pentingnya gizi dalam pertumbuhan masa generasi emas yang optimal. Dengan harapan agar Stunting di Kabupaten Belitung bisa menurun dari angka 14 persen”, pungkasnya. (yab)

Baca Juga: Belitung Bakal Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Kejurda Gulat Senior se-Babel


Sahabat, ikutin terus perkembangan informasi yang disajikan media online pradivanews.com, dan jangan lupa untuk meng-klik tombol suka dan mengikuti Pradiva News di Fanpage Facebook agar sahabat tidak ketinggalan informasi yang baru saja kami update …

Caranya mudah, dengan sahabat meng-klik link Fanpage Facebook berwarna hijau ini, maka sahabat akan masuk ke halaman Fanpagenya Pradiva News di Facebook …

Kami juga memiliki Channel Youtube, untuk melihatnya sahabat bisa meng-kliknya langsung .. Maka sahabat akan masuk ke channel group kami yang menyajikan informasi dalam format visual .. Trusss, jangan lupa like dan subscribe yaaa …

Yuuk sahabat klik sekarang juga …

judul gambar