Prangko Seri Geopark Pulau Belitong Diluncurkan Kemenkominfo dan Pos Indonesia

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Prangko seri Geopark Pulau Belitong resmi diluncurkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI dan PT Pos Indonesia. Dua diantaranya merupakan geosite yang ada di wilayah Belitung Timur (Beltim).

Prangko tersebut mengabadikan tiga gambar Geopark yakni, Open Pit Nam Salu yang berada di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Pantai Punai di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak, dan Tanjung Kelayang Trias Granite (Batu Burung Garuda) yang ada di Kabupaten Belitung.

Baca Juga: Penerapan Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Peluncuran prangko seri Geopark Pulau Belitong ini diawali dengan penandatanganan Sampul Hari Pertama oleh Wakil Bupati Beltim dan Bupati Belitung di Resto Dapoer Belitung Tanjungpandan, pada Jumat (09/09/2022) lalu.

Ditemui usai acara, Wakil Bupati Beltim Khairil anwar menyampaikan apresiasinya terhadap penerbitan prangko yang merupakan hasil kerjasama Kemenkominfo RI bersama UNESCO Geopark Belitong, Pemda Kabupaten Beltim, Pemda Kabupaten Belitung, PT POS Indonesia dan Perum Peruri ini.

“Kita berterimakasih kepada Kementerian Kominfo RI, Bappenas, kemudian kelompok UNESCO Geopark Belitong. Ini menjadi satu langkah sama untuk Belitong yang lebih maju ke depan”, ungkap Khairil.

Baca Juga: Persiapkan TC, KONI Belitung Gelar Rapat Pengurus Perdana

Menurutnya, prangko Geopark Pulau Belitong merupakan media informasi yang digunakan untuk mempromosikan dan mengenalkan kekayaan alam dan budaya di Kabupaten Beltim maupun Belitung melalui pesona keindahan lokal geositenya.

“Paling tidak prangko ini akan ngayau (jalan-jalan) kan, ke seluruh dunia lah. Mudah-mudahan dengan adanya prangko ini merupakan media informasi untuk Pulau Belitong lebih mendunia”, ujar Khairil.

Turut hadir dalam acara peluncuran prangko Geopark Pulau Belitong ini, perwakilan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo RI, Bupati Belitung, Komite Nasional Geopark Indonesia, Kepala Kantor Pos Tanjungpandan. (len)

Baca Juga: Peringati Haornas Dispora Beltim Gelar Turnamen Voli Bupati Cup