oleh

Pulau Lengkuas, Salah Satu Pulau Yang Akan Dikunjungi Delegasi G20 Saat Hopping Island

BELITUNG, pradivanews.com – Pulau Lengkuas di Kecamatan Sijuk, Kabupaten belitung menjadi salah satu tujuan yang akan dikunjungi para delegasi G20. Untuk mengecek kesiapan tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin dan Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Naziarto, beserta rombongan, Senin (05/09/2022) sore, mengunjungi Pulau Lengkuas.

Kunjungan Pj Gubernur Babel beserta rombongan ini dilakukan untuk melihat secara langsung pembenahan terkait sarana dan prasarana, yang dilakukan pihak Kementerian Perhubungan dalam mempercantik Lengkuas Lighthouse di pulau tersebut.

BACA JUGA: Kapolda Babel Serahkan 50 Paket Bansos Kepada Warga Terdampak Kenaikan BBM

Pembenahan dilakukan mengingat Pulau Lengkuas direncanakan menjadi salah satu tujuan yang akan dikunjungi para delegasi G20 pada saat Hopping Island, yaitu berwisata mengelilingi dan mengunjungi gugusan pulau-pulau kecil di perairan sekitar Tanjung Kelayang seperti Pulau Lengkuas, Pulau Kelayang, Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir pada tanggal 9 September 2022 mendatang.

Tiba di Pulau Lengkuas Pj Gubernur Babel beserta rombongan disambut langsung pihak Kementerian Perhubungan dan diajak untuk melihat wisma yang lokasinya bersebelahan dengan mercusuar setinggi 52 meter peninggalan Belanda yang berdiri sejak tahun 1882.

BACA JUGA: PT Dirgantara Indonesia Pamerkan Pesawat N219 di Ajang G20 Di Belitung

Ridwan Djamaluddin mendengarkan penjelasan secara seksama pembenahan yang telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu, orang nomor satu di Babel ini juga melihat secara langsung berbagai fasilitas umum yang ada di Pulau Lengkuas. Dari pengecekan yang sudah dilakukan, semua yang direncanakan hampir rampung.

“Sengaja kami meninjau Pulau Lengkuas karena ini merupakan obyek yang akan di tinjau delegasi G20. Perbaikan sudah sangat baik yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan”, sebut Ridwan kepada Humas Setda Pemprov Babel.

BACA JUGA: PLN Dorong Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik

Menurut Ridwan, secara fisik fasilitas sarana dan prasarana di Pulau Lengkuas saat ini diakuinya sudah cukup baik untuk menerima kunjungan delegasi G20, mulai dari toilet umum, tempat makan, hingga hadirnya papan informasi, serta sarana dan prasarana lainnya.

Ia optimis, ke depannya nanti pariwisata di Belitung semakin berkembang dan dapat bersaing dengan daerah-daerah wisata lain. Apalagi dengan adanya Pulau Lengkuas ini, selain terdapat Mercusuar yang memiliki nilai sejarah, keindahan pulaunya yang dihiasi bebatuan granit yang unik, pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih serta terumbu karangnya yang terjaga menjadi daya tarik tersendiri.

“Ke depan, tinggal bagaimana kita akan terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk sebagai pengembangan destinasi pariwisata”, pungkasnya. (yab)

BACA JUGA: Pj Gubernur Babel Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertama di Belitung

judul gambar