Desa Air Merbau Dicanangkan BNN Sebagai Desa Bersinar ke-2 di Kabupaten Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belitung, Selasa (06/09/2022), kembali melakukan pencanangan Desa Air Merbau sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar) ke-2 di Kabupaten Belitung.

Pencanangan Desa Bersinar ini ditandai dengan pemukulan Rebana oleh Bupati Belitung dan Tamu Undangan, dilanjutkan dengan pembukaan tirai penutup papan nama Desa Bersinar oleh Bupati Belitung, serta penyerahan surat keputusan pencanangan Desa Bersinar dan Pemakaian rompi satgas Bersinar oleh Kepala BNN kepada Kades Air Merbau.

BACA JUGA: Desa Pegantungan Resmi Dicanangkan sebagai Desa Bersih Narkoba (Bersinar)

Dalam sambutannya Kades Air Merbau Kato, berharap bisa menjaga dan melaksanakan amanah tersebut dengan baik, yang semuanya tak lepas dari dukungan seluruh stakeholder terkait serta masyarakat.

“Atas nama pemerintah desa mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui BNN Kabupaten Belitung, kiranya dalam hal ini kami mohon doa restu, bimbingan dan arahan dalam menjalankan amanah yang telah di berikan kepada kami, agar dapat dilaksanakna dengan baik dan sukses”, sebut Kato.

Kepala BNN Kabupaten Belitung H. Nasrudin S.Ag.M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Belitung yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada pelaksanaan acara ini, sekalipun saat ini beliau sedang disibukkan dengan banyaknya agenda kegiatan dalam rangka pelaksanaan G20.

BACA JUGA: Pada G20 DMM Side Event, Indonesia Prioritaskan Implementasi Ekonomi Biru dan Ekonomi Hijau

Dengan motto “War On Drugs” di Kabupaten Belitung, khususnya Desa Air Merbau sebagai desa ke-2 yang dicanangkan sebagai Desa Bersinar, mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama mendukung terlaksananya Kabupaten Belitung Tanpa Narkoba.

“Kami titip amanah ini kepada seluruh jajaran Desa Air Merbau, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan masyarakat, kiranya melalui kerjasama yang baik kita dapat menjadikan Kabupaten Belitung yang kita cintai ini bersih dari bahaya narkoba”, ujar Nasrudin.

BACA JUGA: Gelar Sosialisasi, Pemkab Beltim Akan Bantu UMKM Peroleh HAKI

Sementara itu, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos (Sanem) mengatakan, saat ini ada beberapa jenis obat-obatan dan zat adiktif yang beredar di pasar bebas namun banyak disalah gunakan seperti beberapa obat batuk dan lain-lain, termasuk salah satu alat perekat atau lem yang sulit diawasi peruntukan dan penggunaannya.

“Tanpa adanya peran dari masyarakat dan orang tua, hal ini mustahil akan dapat dicegah, untuk itu agar kita semua dapat secara bersama-sama menjaga, paling tidak lingkungan keluarga agar tidak terjerumus dalam hal penyalah-gunaan narkoba”, ujar Sanem.

BACA JUGA: Pulau Lengkuas, Salah Satu Pulau Yang Akan Dikunjungi Delegasi G20 Saat Hopping Island

Menurut Sanem, pengedar narkoba yang ada saat ini memiliki fungsi untuk merusak generasi muda dan masyarakat, sehingga dianggap musuh negara yang harus dilawan dan diberantas.

“Bersinar, bersih dari narkoba, saya mengapresiasi kepada BNN Kabupaten Belitung yang telah melaksanakan kegiatan ini, kiranya semua ini dapat terlaksana sebagaimana mestinya”, pungkas Sanem.

Acara yang berlansung di Kantor Desa Air Merbau, Jalan Kerjan Tanjungpandan Belitung ini di hadiri oleh Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos, Kapolres Belitung yang diwakili Iptu Wahyudi, Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Ideoligi, Wasbang, Haneksosbud dan Agama Haris Maryono SE, Kepala Dinas (Kadin) PPKBPMD Kabupaten Belitung Salman Alfarizi S.STP,

BACA JUGA: PT Dirgantara Indonesia Pamerkan Pesawat N219 di Ajang G20 Di Belitung

Camat Tanjungpandan diwakili Sekretaris Kecamatan Zaindra Jaya S.IP, Kepala BNN Kabupaten Belitung H.Nasrudin S.Ag.M.Pd, Kepala Desa (Kades) Air Merbau Kato, Ketua BPD Air Merbau Yudi, Unsur BPD, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta undangan lainya. (esd)