oleh

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

judul gambar

pradivanews.comMENJAGA agar tubuh tetap sehat merupakan suatu ikhtiar positif dalam kehidupan. Bahkan ada beberapa cara dalam menjaga kesehatan sesuai anjuran Rasulullah SAW yang tentu sangat baik bila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak bisa dipungkiri, Islam sebagai agama yang sempurna mengajarkan kebaikan secara rinci dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Menjaga kesehatan merupakan satu diantaranya. Yuk simak lima cara menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW.

Konsumsi Apapun yang Halal dan Bergizi

Setiap larangan yang Allah SWT perintahkan pasti ada sesuatu yang tidak baik di dalamnya. Seperti adanya makanan halal dan haram. Semasa hidupnya Rasulullah SAW selalu mematuhi apa yang dilarang Allah SWT dan tidak pernah mengkonsumsi apapun yang tergolong haram.

Rasulullah SAW memiliki pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, misalnya seperti makan kurma, madu, zaitun, dan sebagainya. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwa maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir” (HR Bukhari dan Muslim).

Tidak Makan Berlebihan

Agama Islam dan Rasulullah SAW melarang segala sesuatu yang berlebihan, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan juga. Bukan tanpa sebab, hal tersebut dapat mendatangkan berbagai kerugian bagi kesehatan tubuh manusia. Rasulullah SAW bersabda:

“Tidaklah seorang anak Adam mengisi sesuatu yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah bagi anak Adam beberapa suap untuk menegakkan tulang punggungnya, dan jika dia harus mengerjakannya maka hendaklah dia membagi sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya, dan sepertiga untuk nafasnya” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Puasa

Puasa ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh loh. Hal ini tertuang jelas dalam sebuah hadis, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi: “Berpuasalah kamu, niscaya akan sehat.” (HR Muslim).

Puasa juga menjadi sebuah cara detoks tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, timbunan lemak, dan berbagai zat merugikan lainnya.

Tidur Menghadap ke Kanan

Hal yang sepele dan sederhana ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Baginda Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk tidur berbaring ke kanan. “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR Bukhari dan Muslim).

Bukan tanpa sebab, tidur dalam posisi miring ke kanan karena dapat memperlancar kerja jantung dan hati. Selain itu, proses metabolisme tubuh serta detoksifikasi saat tidur akan lebih lancar saat tidur miring ke sisi kanan badan.

Berolahraga

Ternyata kebiasaan sejuta umat ini merupakan hobinya Rasulullah SAW agar kondisi fisiknya tetap sehat dan terjaga. Dalam riwayat hadis, Beliau memiliki tubuh bugar dan apabila berjalan langkahnya juga cepat.

“Tiada satu pun kulihat lebih indah daripada Rasulullah SAW seolah-olah mentari beredar di wajahnya. Juga tiada seorang pun yang kulihat lebih cepat jalannya dari Rasulullah SAW seolah-olah bumi ini dilipat untuknya. Sungguh, kami harus bersusah payah melakukan hal itu, sedang Rasulullah tidak memedulikannya” (HR Tirmidzi).

*Artikel ini diadobsi dari LANGIT7.ID