oleh

Cari Calon Penerima Beasiswa, KONI Beltim dan STKIP Pasundan Turun ke Sekolah-Sekolah

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Tim gabungan dari KONI Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dan Dosen-Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan turun ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Beltim. Tujuannya untuk mencari calon mahasiswa yang siap menerima beasiswa berprestasi.

Tim gabungan KONI dan STKIP ini sudah memulai kegiatan sejak Rabu (31/08/2022) hingga Jum’at (02/09/2022) kemarin. Sekolah yang dikunjungi yakni, SMA Negeri 1 Manggar, SMA Negeri 1 Gantung, SMA Negeri 1 Damar dan SMK Negeri1 Manggar. Di setiap sekolah, tim mensosialisasikan 40 kuota beasiswa atlit berprestasi untuk Kabupaten Beltim kepada para siswa kelas XII.

“Kita ke sini memang utamanya untuk sosialisasi beasiswa full atlet berprestasi. Karena sebagai ‘Kampus Para Juara’ para atlit berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia kita berikan beasiswa baik akademik maupun non akademik”, sebut Dosen STKIP Pasundan Heru Sulistiadinata di SMK Negeri 1 Manggar, Jum’at (02/09/2022).

BACA JUGA: BPBD Belitung Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran di Lokasi Kegiatan DWG G20

Menurut Heru, setiap tahunnya STKIP Pasundan Cimahi memberikan kuota 250 beasiswa untuk atlit berprestasi. Dari jumlah tersebut 40 beasiswa diberikan khusus untuk atlet Kabupaten Beltim.

“Memang mayoritas mahasiswa kita adalah atlit dari daerah-daerah terpencil dari Sabang sampai Marauke. Kalau kerjasama dengan daerah-daerah kita sudah banyak, yang baru memang dengan KONI Kabupaten Beltim”, ungakp Heru.

Bukan hanya untuk atlit berprestasi, kampus dengan akreditasi A ini juga memberikan beasiswa bagi para Tahfidz Qur’an atau para penghapal Qur’an. Dia berharap bagi siswa Beltim yang tidak masuk melalui jalur atlit berprestasi bisa lewat jalur Tahfidz.

“Alhamdulillah sambutan di sini luar biasa, antusias siswa-siswi Beltim sangat tinggi. Kita berharap kerjasama dengan KONI Beltim terkait beasiswa ini bisa terus berjalan dengan baik”, ujarnya.

BACA JUGA: Hari Pelanggan Nasional 2022, XL Axiata Berikan Bonus Kuota dan Fokus Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan

Sambut Baik Sosialisasi Untuk Kemajuan Pendidikan

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Manggar Triyudo Hendro menyambut baik sosialiasi yang dilaksanakan. Bahkan Hendro menyatakan, dari 13 atlit Kabupaten Beltim yang menerima beasiswa di STKIP Pasundan tahun 2022 ini, tiga diantaranya merupakan siswa SMK Negeri 1 Manggar.

“Kita dari SMKN 1 berterima kasih atas kepedulian KONI Beltim terhadap kemajuan pendidikan, terutama untuk siswa yang berprestasi namun tidak mampu melanjutkan pendidikan. Mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi siswa kita yang dapat beasiswa”, harap Hendro.

BACA JUGA: Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM Selama Penyelenggaraan G20 di Belitung Cukup

Hendro memberikan masukan agar bukan hanya siswa kelas XII yang diberikan sosialiasi, mengingat kelas X jauh lebih berpeluang untuk meningkatkan semangat dan prestasi mereka di tahun-tahun mendatang.

“Kan biar siswa di kelas X bisa memacu prestasi mereka terutama di bidang olahraga. Makanya tadi saya minta presentasi biar nanti kita bantu sosialisasikan ke siswa lainnya”, pungkasnya. (zie)