oleh

SMK Negeri 3 Tanjungpandan Akhiri Program Prakerin Tahun 2022

BELITUNG, pradivanews.com – SMK Negeri 3 Tanjungpandan, Rabu (31/08/2022), mengakhiri Pogram Praktik Kerja Industri (Prakerin) tahun 2022 bagi 175 orang siswanya. Program Prakerin SMK Negeri 3 Tanjungpandan ini sudah berjalan selama 5 bulan sejak tanggal 1 April 2022 lalu.

Siswa yang mengikuti Prakerin ditempatkan di 60 dunia usaha/dunia industri (DU/DI) yang sudah diikat melalui kerjasama dan kesepakatan bersama (MoU), untuk 5 jurusan yang ada yakni Tata Boga(TTB), Tata Busana (TBS), Tata Kecantikan Kulit dan Rambut (TKKR), Usaha Perjalanan Wisata (UPW) dan Perhotelan (PH).

BACA JUGA: Anaura Marfirsta Pelajar SMA Negeri 1 Manggar Lolos Seleksi Parlemen Remaja Tahun 2022

Selama jadwal Prakerin, siswa tetap dalam pengawasan dan didampingi guru-guru pembimbing sejak dari awal pelaksanaan. Mulai dari pengantaran siswa ke tempat Prakerin, melakukan monitoring dan pembinaan setip bulan, hingga tahap akhir penjemputan siswa dan pembimbingan dalam penyusunan laporan Prakerin siswa.

Pada saat penjemputan siswa Prakerin di DU/DI, guru-guru pembimbing dilengkapi surat penarikan siswa serta dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada pihak usaha/industri sebagai tanda bukti atau cindera mata atas keberlangsungan kegiatan Prakerin tahun 2022.

BACA JUGA: 50 Peserta Ikuti ANBK di SMA Negeri 2 Tanjungpandan

Selanjutnya, siswa yang telah melaksanakan Program Prakerin diharuskan membuat laporan Prakerin dibawah bimbingan guru pembimbing, dalam bentuk Powerpoint dan selanjutnya dipresentasikan di hadapan Tim Penilai Prakerin (Kajur). Penulisan laporan Prakerin dimulai tanggal 05 September hingga 16 September 2022.

Prakerin

Wakil Kepala (Waka) SMK Negeri 3 Tanjungpandan Bidang Kurikulum Hermila, S.Pd mengatakan, pada tahun 2022 SMK Negeri 3 Tanjungpandan telah menjalin kerjasama dengan DU/DI yang baru untuk 5 jurusan yang ada. Diharapkannya, pengalaman Prakerin di DU/DI dapat menjadi bekal bagi siswa-siswi setelah tamat sekolah.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

“Alhamdulillah Prakerin tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses, saya berharap semoga siswa-siswi kelas XII yang sudah melaksanakan prakerin menjadi siswa-siswi yang siap kerja setelah tamat nanti, dengan bekal pengalaman Prakerin di DU/DI. Siswa-siswi yang Prakerin juga siap membantu dan menyukseskan G20 yang dilaksanakan pada tgl 7-9 September 2022”, ungkap Hermila.

Senada, Kepala SMK Negeri 3 Tanjungpandan Abdul Albar, S.Ag mengatakan, dengan bekal pengalaman yang didapat selama mengikuti Program Prakerin di DU/DI tersebut, diharapkan siswa-siswi SMK Negeri 3 Tanjungpandan setelah tamat nanti mampu bersaing dan berkompetisi secara sehat dalam dunia kerja.

BACA JUGA: SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai

“Semoga selama 5 bulan Prakerin di DU/DI, siswa-siswi SMKN 3 Tanjungpandan akan bertambah luas wawasan keilmuan, bertambah keterampilan dan mampu beradaptasi dengan baik di DU/DI, sehingga nanti setelah lulus mampu berkompetisi dengan sehat dan baik”, pungkasnya. (rel)

judul gambar