oleh

Anaura Marfirsta Pelajar SMA Negeri 1 Manggar Lolos Seleksi Parlemen Remaja Tahun 2022

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Anaura Marfirsta (15) pelajar SMA Negeri 1 Manggar lolos seleksi Parlemen Remaja tingkat SMA/MA/SMK tahun 2022. Anaura merupakan salah seorang dari 132 peserta yang berhasil lolos dari ribuan pendaftar seluruh Daerah Pemilihan (Dapil) di Indonesia, dimana Dapil Provinsi Bangka Belitung (Babel) diwakili 2 orang Parlemen Remaja.

Saat ditemui disela-sela Seminar, talkshow, dan Pagelaran Seni 42 tahun SMAN 1 Manggar di Gedung Auditorium Zahari Mz Manggar, Rabu (31/08/2022), pelajar yang akrab dengan panggilan Naura ini mengaku sangat bangga bisa mewakili Dapil Babel.

BACA JUGA: 50 Peserta Ikuti ANBK di SMA Negeri 2 Tanjungpandan

Menurut Naura, Ia bersama 132 peserta lainnya pada tanggal 10 sampai dengan 14 Oktober 2022 mendatang, akan mengikuti berbagai kegiatan parlemen di Cisarua Bogor. Dengan demikian nantinya akan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas terhadap kinerja parlemen.

“Saya senang terpilih menjadi Parlemen Remaja dengan seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia. Nanti bulan Oktober 2022 kita akan mengikuti rangkaian acara parlemen dan akan merasakan simulasi menjadi Anggota DPR RI”, ungkap putri pasangan Bayu Priyambodo dan Suasty Calista ini.

BACA JUGA: Abi, Anggota Paskibraka Nasional Asal Beltim Pulang Kampung dan Kedatangannya Disambut Asisten I

Naura mengatakan, seluruh peserta Parlemen Remaja tahun 2022 akan mengikuti beragam kegiatan mulai dari dinamika kelompok, seminar mekanisme persidangan DPR RI, pembukaan simulasi persidangan, rapat dengar pendapat umum, latihan simulasi rapat kerja DPR RI, seminar pembekalan, serta latihan simulasi rapat paripurna.

Anak pertama dari 3 bersaudara ini mengungkapkan, sesuai tema Parlemen Remaja tahun 2022 adalah ‘Generasi Sadar Privasi, Dataku Tanggung Jawabku’, maka tema ini sangat tepat untuk melindungi data pribadi di era teknologi informasi karena data menjadi aset yang sangat berharga.

“Perlindungan data pribadi sangat penting, apalagi zaman sekarang semua orang menggunakan internet. Untuk menghindari penyalahgunaan atau kebocoran data yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab, perlu dilengkapi dengan peraturan yang mendukung seperti Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi”, ujarnya.

BACA JUGA: 1.013 Santri TPA se-Kabupaten Belitung, ikuti Wisuda dan Khataman Al-Qur’an Angkatan XXI Tahun 2022

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Manggar Sabarudin mengungkapkan rasa bangga atas prestasi Anaura yang lolos menjadi Parlemen Remaja tahun 2022.

“Bangga dan senang karena dua tahun berturut-turut SMA Negeri 1 Manggar terpilih dan mewakili Provinsi Babel untuk Parlemen Remaja,” sebut Sabarudin di Gedung Auditorium Zahari Mz, Manggar.

Sabarudin mengatakan, Parlemen Remaja merupakan wadah pembelajaran politik bagi generasi muda khususnya pelajar SMA dan sederajat di seluruh Indonesia. Mereka akan dibekali pengalaman yang menarik tentang perpolitikan dan akan diberi kesempatan berperan sebagai Anggota DPR RI.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

“Diharapkan generasi muda dapat lebih meningkat pemahaman tentang proses demokrasi di Indonesia. Juga dapat menambah wawasan dan pengalaman melalui pelaksanaan simulasi Parlemen”, kata Sabarudin.

Disisi lain, Suasty Calista orangtua Naura mengaku sangat bangga akan prestasi yang telah diraih buah hatinya.

“Kami sebagai orangtuanya sangat bangga atas prestasi Naura. Itu semua keinginannya untuk maju, dan Alhamdulillah berhasil. Kami orangtua mendukung penuh dan mengarahkan supaya Naura bisa sukses. Semoga bisa menjadi pengalaman berharga untuk bekal Naura meraih cita-cita”, pungkas Calista. (ver)

BACA JUGA: SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai