50 Peserta Ikuti ANBK di SMA Negeri 2 Tanjungpandan

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 50 orang peserta terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan, Rabu (30/08/2022), mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 di SMA Negeri 2 Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Peserta yang dipilih secara acak oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini, akan mengikuti ANBK selama 2 hari hingga Kamis tanggal 1 September 2022 besok.

Sebanyak 2 ruangan untuk tes peserta, disiapkan pihak SMA Negeri 2 Tanjungpandan dalam pelaksanaan ANBK tahun 2022.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

Materi ANBK hari pertama ANBK yakni, Literasi dengan waktu 90 menit dan Survei Karakter dengan waktu 30 menit. Materi hari kedua ANBK yakni, Numerasi dengan waktu 90 menit dan Survey Lingkungan Belajar dengan waktu 30 menit.

Petugas pengawas ANBK di SMA Negeri 2 Tanjungpandan yakni, Elia Santo Ekawalta Perangin-Angin,S.Pd guru SMA Anugrah Tanjungpandan dan Devi Lestari,S.Pd guru SMA PGRI Tanjungpandan. Sedangkan Proktor (Pengawas Utama) yakni Misniyanti,S.Pd dan Edwal Saputra,S.Pd.

ANBK yang diikuti SMA Negeri 2 Tanjungpandan ini merupakan gelombang kedua. Sebelumnya telah dilaksanakan simulasi 1, simulasi 2, gladi bersih, serta sosialisasi kepada orangtua peserta sebagai bentuk persiapan menghadapi ANBK tersebut.

BACA JUGA: SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai

Saat memberikan pengarahan dan motivasi kepada para peserta ANBK, Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpandan Sudiyono,S.Pd mengatakan, para peserta agar mengisi soal dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan. Selain itu, ia juga berharap pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar.

“ANBK saat ini, menjadi program tahunan Kemendikbud Ristek, baik untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Melalui asesmen nasional, akan ditemukan informasi akurat tingkat pembelajaran, yang akan digunakan untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid”, pungkasya. (rel)