Perdana, Kades Terpilih Menerima Petuah Dari LAM Belitung dan Dilepas Secara Adat Sebelum Dilantik

BELITUNG, pradivanews.com – Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung, Selasa (30/08/2022) pagi, memberikan petuah kepada 14 orang Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak tahun 2022, bertempat di Rumah Adat Belitung, Tanjungpandan.

Pemberian Petuah ini dilaksanakan pada acara pelepasan 14 Kades terpilih sebelum dilantik oleh Bupati Belitung yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung siang harinya.

Petuah ini disampaikan Ketua LAM Belitung Drs. H. Abdul Hadi Adjin dalam arahannya mengatakan, Lembaga Adat Melayu Belitung memberikan apresiasi kepada Pemkab Belitung yang sudah menggelar acara pelepasan untuk pertama kalinya terhadap Kades terpilih secara adat sebelum dilantik Bupati Belitung.

Dikatakan Hadi Adjin, ada beberapa makna positif dengan dilaksanakannya acara pelepasan Kades terpilih secara adat yakni :

Pertama, ada keterlibatan atau partisipasi LAM Belitung dalam pelantikan Kades, artinya peran adat/adab dalam diri seorang pemimpin (Kades) menjadi penting.

Kedua, Lembaga adat dapat memberikan nasehat/petuah/saran kepada Kades sebagai ujung tombak pembangunan masyarakat di Desa.

Ketiga, Lembaga Adat meridhoi dan mendoakan agar para Kades terpilih amanah, selamat dan sukses dalam membangun masyarakat desanya masing-masing.