oleh

Bupati Belitung Melantik 14 Kades Terpilih Periode 2022-2028

BELITUNG, pradivanews.com – Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos (Sanem), Selasa (30/08/2022) siang, melantik dan mengambil sumpah 14 Kades terpilih periode 2022-2028 dalam Pilkades serentak tahun 2022, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten (GSG Pemkab) Belitung.

Acara Pelantikan dilaksanakan usai prosesi pemberian petuah dan pelepasan secara adat oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Belitung, yang berlangsung di Rumah Adat Melayu Belitong. 14 Kades terpilih tersebut dengan berjalan kaki diarak menuju GSG Pemkab Belitung, untuk mengikuti rangkaian acara pelantikan oleh Bupati Belitung.

Pelantikan 14 Kades terpilih diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Belitung Tentang Pemberhentian Kepala Desa yang telah berakhir masa baktinya, dan Pengangkatan 14 Kepala Desa Terpilih hasil Pemilihan serentak tahun 2022.

BACA JUGA: Perdana, Kades Terpilih Menerima Petuah Dari LAM Belitung dan Dilepas Secara Adat Sebelum Dilantik

Kades

Dalam sambutannya Bupati Belitung, Sanem memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kades yang sudah mengakhiri masa jabatannya dan mengucapkan selamat untuk Kades yang baru dilantik.

“Saya sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih untuk Kades yang sudah melaksanakan tugas sebagai ujung tombak dalam upaya mendukung perputaran roda pemerintahan dan perekonomian di Kabupaeten Belitung. Untuk Kades yang terpilih saya ucapkan selamat”, sebut Sanem.

Sanem berpesan agar para Kades yang dilantik lebih memprioritaskan tentang penataan lingkungan desa. Selain itu, Sanem juga mengingatkan para Kades untuk tidak menyalahgunakan jabatan dan kewenangan yang dipercayakan masyarakat, terutama dalam penggunaan anggaran desa yang nanti sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kades.

“Yang utama itu harus mampu menata lingkungan desa, seperti pengelolaan sampah baik itu organik maupun non organik. Kemudian hati-hati dalam pengelolaan anggaran, Presiden juga berapa kali bilang dalam pidatonya agar hati-hati mengelola uang negara”, papar Sanem.

BACA JUGA: Maskapai Super Air Jet Akan Buka Rute Penerbangan ke Tanjungpandan

Menyinggung tempat pelantikan yang awalnya akan dilaksanakan di lokasi eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Dukong, Sanem mengatakan tempat tersebut yang dulunya sebagai tempat pembuangan sampah dan sekarang sudah menjadi Kawasan Hutan Kota, diharapkan bisa melahirkan inspirasi-inspirasi positif yang sejalan dengan Program Pembangunan Daerah.

Menurut Sanem, sebagai ujung tombak penyelenggara dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, Kades harus banyak berinovasi dalam pelaksanaan tugasnya sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya.

“Dengan tidak mengurangi esensi dari prosesi pelantikan ini, dan pertimbangan kondisi cuaca yang sedang musim penghujan, kita alihkan acara pelantikannya kesini (GSG Pemkab Belitung)”, ujar sanem.

BACA JUGA: 1.013 Santri TPA se-Kabupaten Belitung, ikuti Wisuda dan Khataman Al-Qur’an Angkatan XXI Tahun 2022

Acara dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan Kepala Desa oleh Bupati Belitung kepada 14 Kades terpilih, kemudian ditutup dengan pembacaan doa serta dilanjutkan dengan acara ramah tamah dan ucapan selamat. (esd)

judul gambar