oleh

Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 Tahun, Ketua Kwarcab Belitung Berikan Tanda Penghargaan Panca Warsa Utama

BELITUNG, pradivanews.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Belitung, Minggu (28/08/2022) pagi, melaksanakan Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun bertempat di Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan Belitung.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya yang bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka, menyebutkan bahwa pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun saat ini, sekaligus juga memperingati 110 tahun keberadaan Gerakan Kepanduan di Indonesia yaitu sejak tahun 1912 silam.

BACA JUGA: Ketua Kwarcab Lantik Anggota Pramuka Garuda dan Lepas Kontingen Jamnas XI Tahun 2022

Upacara Peringatan HUT Pramuka ke- 61 tahun yang mengusung tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa ini, menunjukkan tekad untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang.

Semua bentuk pengabdian yang dilakukan diharapkan dapat sejalan dengan kode kehormatan Pramuka, yaitu Dwi Satya dan Dwi Dharma untuk Pramuka Siaga serta Tri Satya dan Tri Dharma untuk golongan pramuka lainnya.

Kode kehormatan Pramuka juga diwujudkan dengan saling tolong menolong yang didasari semangat persaudaraan tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan.

BACA JUGA: 138 Peserta Ikuti Kegiatan Sosialisasi Pramuka Garuda

“Saat ini kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, dalam membantu mengatasi penanggulangannya, gerakan Pramuka bisa lakukan banyak hal, seperti Gerakan Kepedulian Nasional dengan menunjukan sikap empati dan simpati siap menolong mereka yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga pandemi Covid-19 segera melandai”, sebut Hendra Caya.

Dalam Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun ini, juga dilakukan pembacaan SK dan penyerahan secara simbolis Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) oleh Hendra Caya kepada A. Rani Abu Udin dan M. Kamil sebagai insan Pramuka yang telah mengabdi selama 50 tahun atau Tanda Penghargaan Panca Warsa Utama.

BACA JUGA: Pelaksanaan Pawai di Beltim Dibawah Guyuran Hujan, Peserta dan Penonton Rela Basah Kuyup

Terpisah, Sekretaris Kwarcab Pramuka Belitung Hendri Suzanto mengatakan, Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun ini dihadiri Lima Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Belitung dengan jumlah seluruh peserta didik yang hadir lebih dari 1000 orang dari berbagai tingkatan dalam Kepramukaan.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, saya sampaikan kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya untuk dididik dalam gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung gerakan kepanduan yang sangat kita cintai ini”, ungkap Hendri.

BACA JUGA: SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai

Dijelaskannya, dalam rangkaian kegiatan Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun ini akan dilaksanakan berbagai perlombaan ketangkasan antar golongan. Untuk tingkat Penegak dan Pandega (SLTA sederajat) lombanya yaitu Teknologi Tepat Guna (TTG) dan orasi tentang kearifan lokal.

“Untuk tingkat Penggalang (tingkat SLTP sederajat) lombanya yaitu kreasi yel-yel, smapore, morse, sandi, azan, cepat tepat dan mengaji. Sedangkan untuk tingkat Siaga (tingkat SD) lombanya yaitu menyusun puzzle Pancasila dan puzzle Bhinneka Tunggal Ika”, jelas Hendri.

Rangkaian kegiatan Peringatan HUT Pramuka ke-61 tahun diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba ketangkasan dan keterampilan Pramuka antar tingkatan. (esd)

judul gambar