oleh

Pelaksanaan Pawai di Beltim Dibawah Guyuran Hujan, Peserta dan Penonton Rela Basah Kuyup

judul gambar

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Meski hujan deras mengguyur Kota Manggar, namun pelaksanaan Pawai Pembangunan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Sabtu (27/08/2022), tetap berjalan. Peserta meskipun bayah kuyup tetap bersemangat melewati rute yang sudah ditetapkan. Demikian juga dengan warga masyarakat yang menonton, tetap antusias menyaksikan acara tahunan tersebut.

Pawai pembangunan Tingkat Kabupaten Beltim ini diikuti oleh 127 peserta dari berbagai kategori. Peserta jalan kaki SD 28 regu, jalan kaki SMP 8 regu, jalan kaki SMA 9 regu, jalan kaki umum 33 regu, drumband 8 regu, mobil hias TK 11 unit, dan mobil hias umum 27 unit.

BACA JUGA: SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai

Hujan

Pawai yang mengambil rute start di Lapangan Taruna Desa Lalang ini, dimulai pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 18.30 WIB. Hujan tak menyurutkan semangat peserta untuk menampilkan hiburan bagi masyarakat. Walau dandanan dan hiasan luntur peserta pawai tetap sampai ke garis finish.

Tidak hanya peserta, ratusan warga tetap bertahan menyaksikan kemeriahan pawai di bawah guyuran hujan. Seperti yang terlihat di seputaran Panggung Kehormatan di Taman Kota Manggar, warga yang menonton pawai memilih menggunakan payung atau jas hujan.

BACA JUGA: Ketua Askab PSSI Belitung Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Liga Bupati U-21 Tahun 2022

Penonton ini bukan hanya berasal dari Kota Manggar dan sekitar, namun warga yang menonton ini ada juga berasal dari Kabupaten Belitung. Juni (40) Warga Desa Air Ketekok Kecamatan Tanjungpandan juga datang bersama keluarganya ke Manggar untuk menyaksikan pawai.

“Dak apa-apa basah-basahan memang bawak gantian. Sayang kalo melewatkan pawai, dua tahun dak ada yang kayak gini”, ungkap Juni.

Juni yang sudah tiba sejak pukul 12 siang mengatakan sengaja datang jauh-jauh dari Tanjungpandan untuk menyaksikan pawai di Kabupaten Beltim, mengingat Kabupaten Belitung belum melaksanakan pawai pembangunan.

BACA JUGA: Untuk Memperkuat Pembelajaran, UNNES Optimalkan Teknologi Google

“Kan di Tanjung dak ada pawai jadi kita nganyau ke Manggar. Katanya Oktober baru ada pawai di Tanjung (Kabupaten Belitunged)”, kata Juni.

Bupati Apresiasi Panitia, Peserta hingga Penonton

Bupati Beltim Burhanuddin (Aan) memberikan apresiasi kepada panitia, peserta dan penonton atas partisipasinya terhadap seluruh rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT RI Kabupaten Beltim. Peringatan HUT RI di Kabupaten mulai dari Lomba Gerak Jalan, Malam Renungan Suci, Upacara Pengibaran Bendera, Tabur Bunga di TMP, Pelarungan di Pelabuhan ASDP, Malam Resepsi hingga Pawai Pembangunan.

“Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan Panitia HUT RI Kabupaten Beltim yang sudah menuntaskan kegiatan dengan melaksanakan pawai karnaval pembangunan Kabupaten Beltim hari ini”, sebut Aan usai pelaksanaan pawai.

BACA JUGA: Jelang G20, Gemawira Wilayah Pulau Belitong Gelar Talkshow di Beltim Agar Persiapan Pelaku UMKM Matang

Aan yang ikut menyaksikan pawai dari awal hingga tuntas di Panggung Kehormatan juga menyatakan kekagumannya atas semangat warga yang menonton pawai hingga usai, meski di bawah guyuran hujan.

“Antusias masyarakat luar biasa. Di suasana hujan-panas, mereka tidak bergeser menyaksikan pawai hari ini. Semoga ini menjadi pemantik awal untuk kembali menyemangatkan masyarakat pasca pandemi ini, untuk kembali bergiat membangun daerah kita di segala bidang”, ujar Aan.

BACA JUGA: Apdesi Belitung Datangi Kabid PMD, Guna Luruskan Informsi Tempat Pelantikan Kades Terpilih

Hujan

Aan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta pawai yang tetap semangat mengikuti pawai karnaval. Dia berharap tahun depan suasana pawai akan lebih meriah. Kemudian atas nama Pemkab Beltim, Aan juga menghanturkan maaf jika selama pelaksanaan peringatan HUT RI Kabupaten Beltim ke-77 tahun ada hal-hal yang kurang berkenan baik pelaksanaan lomba maupun saat peringatan.

“Atas nama Pemkab Beltim saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang tetap semangat. Semoga tahun selanjutnya akan lebih semarak lagi. Dan atas nama Pemkab Beltim dan panitia, saya mohon maaf jika ada yang kurang pantas atau berkenan. Banyak hal yang perlu kami perbaiki dalam mengisi pembangunan. Insyallah semua kekurangan dan kesalahan akan kita evaluasi agar lebih baik lagi”, pungkasnya. (rel)

BACA JUGA: UPI Bandung Siap Dampingi Atlit dan Pelatih Olahraga Beltim