oleh

1.013 Santri TPA se-Kabupaten Belitung, ikuti Wisuda dan Khataman Al-Qur’an Angkatan XXI Tahun 2022

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 873 orang santri level B dan 140 orang santri level C Taman Pendidikan Al Quran (TPA) se-Kabupaten Belitung, Minggu (28/08/2022), mengikuti wisuda dan khataman Al-Quran angkatan XXI tahun 2022.

Acara yang berlangsung di pendopo Pantai Wisata Tanjung Kelayang Desa Keciput Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung ini mengusung tema Ciptakan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al Quran Badan Komunikasi Pemuda-Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI) Kabupaten Belitung.

BACA JUGA: Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-61 Tahun, Ketua Kwarcab Belitung Berikan Tanda Penghargaan Panca Warsa Utama

Pembukaan acara ditandai pembacaan Ayat Suci Al-Quran, kemudian pembacaan Surat Keputusan LPPTKA-BKPRMI Kabupaten Belitung tentang wisudawan terbaik tahun 2022 dan dilanjutkan dengan penyerahan Tropy, piagam dan uang pembinaan kepada 6 orang Wisudawan Terbaik Level C berdasarkan prestasi hasil Munaqosyah LPPTKA-BKPRMI Kabupaten Belitung Tahun 2022 oleh Bupati Belitung,

Dalam sambutannya Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Belitung, Faryadi mengatakan wisuda santri TPA angkatan XXI tahun 2022 untuk level B dan level C se-Kabupaten Belitung berjumlah 1.013 orang yang berasal dari 5 kecamatan di Kabupaten Belitung.

“Tidak kurang dari 1000 orang santri setiap tahunnya, kemudian kami juga mohon doa dan dukungannya, kedepan nanti kami merencanakan Kabupaten Belitung menjadi tuan rumah kegitan Syiar Dakwah anak-anak, semoga dapat didukung, sehingga kegiatannya dapat dilaksanakan di Belitung”, sebut Faryadi.

BACA JUGA: Pelaksanaan Pawai di Beltim Dibawah Guyuran Hujan, Peserta dan Penonton Rela Basah Kuyup

Sementara itu, Wakil Ketua DPD BKPRMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Zulkipli mengatakan bahwa wisuda santri TPA yang dilaksanakan pada hari ini bukanlah akhir, tapi merupakan awal bagi pendidikan Al-Qur’an.

“Wisuda di Belitung ini merupakan wisuda yang terakhir dilaksanakan di wilayah Provinsi Babel untuk tahun ini. Dan Alhamdulillah, tahun ini lebih dari 2000 anak yang sudah bisa membaca Al-Qur’an dan melaksanakan sholat 5 waktu”, ujar Zulkifli

TPA Sarana Pendidikan Agama yang Tepat

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dalam sambutannya berharap agar ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat berguna dalam tugas dan pengabdian untuk membangun Belitung ke arah yang lebih positif di masa yang akan datang, khususnya dalam bidang Pendidikan.

“Pendidikan agama yang dimulai sejak dini, menjadi komitmen dalam upaya menciptakan generasi bangsa agar memiliki nilai-nilai moral agama yang kuat, sehingga mampu memposisikan dirinya secara seimbang dalam interaksi positif, baik secara vertikal yang sifatnya transedental antara manusia dengan Tuhan maupun secara horizontal antara sesama manusia”, kata Sanem.

BACA JUGA: 50 Orang Ikuti Pelatihan Dewan Hakim MTQH yang Digelar LPTQ Beltim

Lebih lanjut Sanem mengatakan, pendidikan TPA adalah salah satu pendidikan yang tepat, karena membawa misi penting untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Qurani sejak dini.

Oleh karena itu menurutnya, wisuda yang dilaksanakan ini merupakan langkah strategis, agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan Qurani yang sholeh dan sholeha, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

“Agar dapat terus mengamalkan dan mengaplikasikan nilai-nilai agama yang terkandung dalam Al-Qur’an, dalam kehidupan sehari-hari sebagai bekal untuk menangkal berbagai godaan yang silih berganti, seiring dengan zaman yang semakin maju dan berkembang”, lanjut Sanem.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

Tingkatkan peran dalam membekali anak-anak dengan dasar keimanan dan akhlak mulia, karena dapat menuntun sekaligus membentengi dari hal-hal yang tidak diinginkan, agar mampu menjadi generasi yang cerdas, berkualitas, berakhlak mulia dan menjadi kebanggaan daerah, bangsa dan Negara.

Sanem juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada jajaran guru, ustadz dan ustadzah TPA se-Kabupaten Belitung yang telah membimbing dan mendidik anak-anak menjadi melek Al-Quran dan berakhlak mulia.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada anak-anak yang telah berhasil melewati proses pendidikan dengan semangat yang tinggi, dan memiliki ilmu yang berkualitas, serta amal dan iman kepada Allah SWT, guna menjadi kebanggaan orang tua dan guru”, pungkas Sanem. (esd)

BACA JUGA: 140 Orang Pelajar Ikuti Latihan Gabungan PMR yang Digelar PMI Cabang Belitung

judul gambar