oleh

SMP Negeri 5 Membalong Gelar Jalan Santai Rasa Pawai

BELITUNG, pradivanews.com – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 tahun, SMP Negeri 5 Membalong menggelar jalan santai dengan format yang unik serta berbeda dengan jalan santai pada umumnya. Bagaimana tidak, jalan santai yang digelar SMP Negeri 5 Membalong, Jumat (26/08/2022) pagi, layaknya seperti pelaksanaan pawai.

Plt Kepala SMP Negeri 5 Membalong Lisa, S.Pd kepada pradivanews.com mengatakan, kegiatan yang diberi judul Jalan Santai Rase Pawai tersebut mengusung tema melalui semangat cinta tanah air kite angkat tradisi, adat istiadat dan kearifan lokal daerah Belitong, khususnya daerah Membalong, serta sukseskan pelaksanaan G20.

“Ide melaksanakan jalan santai dengan nuansa pawai ini sebenarnya dadakan, kan beberapa tahun belakangan ini, pawai ini sudah tidak terlaksana, jadi kami dengan para guru berpikir melaksanakan jalan santai yang mirip dengan pawai. Apalagi setelah kami melihat antusias siswa, jadilah kegiatan ini dengan mengangkat tema kearifan lokal Membalong”, sebut Lisa saat dikonfirmasi melalui saluran telpon.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

Berbeda dengan jalan santai pada umumnya, menurut Lisa dalam kegiatan tersebut siswa dan guru yang menjadi peserta mengenakan kostum dan aksesoris sesuai dengan tema yang diusung. Masing-masing kelas mengusung tema tradisi dan kearifan lokal daerah Membalong, seperti Nirok Nanggok, Gi ke Ume, Gi Nyulo, Mutik Sahang, Mancing Bebulus, Mukat, Nyadap Aik Kabong, dan tradisi lokal lainnya.

“Kegiatannya dimulai pukul 07.30 WIB tadi pagi, diawali dengan berdoa bersama. Kemudian saya selaku Plt Kepala Sekolah mendampingi Kepala Desa Membalong, bapak Firmansyah membuka secara langsung kegiatan jalan santai ini. Selain itu, ada juga Kepala Dusun Kembiri pak Saidi, serta Ketua Komite SMP Negeri 5 Membalong, pak Sarimin yasng turut mendampingi acara pembukaan”, lanjut Lisa.

BACA JUGA: Ketua Kwarcab Lantik Anggota Pramuka Garuda dan Lepas Kontingen Jamnas XI Tahun 2022

Masih menurut Lisa, jalan santai rasa pawai ini selain menyediakan hadiah berupa door prize untuk pesertanya, panitia juga menyediakan hadiah untuk penampilan tema pawai terbaik, berdasarkan hasil penilaian juri dari Komite Sekolah. Oleh karena itu kata Lisa, setiap kelas yang mengikuti jalan santai ini menampilkan temanya masing-masing.

“Jadi hadiah ini bukan hanya untuk jalan santainya saja, tapi ada hadiah untuk penilaian tema pawai yang diusung. Masing-masing kelas mengangkat tema berbeda, ada Komite Sekolah sebagai juri yang menilainya. Makanya tadi, meskipun hujan, antusias dan semangat peserta tidak mengendur sedikitpun”, ungkap Lisa.

BACA JUGA: 140 Orang Pelajar Ikuti Latihan Gabungan PMR yang Digelar PMI Cabang Belitung

Jalan Santai

Dijelaskan Lisa, untuk hadiah utama jalan santai berupa mesin cuci merk Sharp kapasitas 8 Kg, diberikan kepada peserta yang nomor kuponnya keluar saat diundi. Sedangkan untuk hadiah tema pawainya berupa uang pembinaan sumbangan dari pihak Komite Sekolah, diberikan kepada kelas dengan penampilan tema terbaik berdasarkan penilaian juri.

“Hadiah utama jalan santainya diperoleh siswa kelas 8B yang bernama Raihan, jadi kuponnya diundi dengan cara dicabut. Kalau untuk pawainya, juara pertama dimenangkan Kelas 8A dengan tema Gi ke Ume, juara keduanya kelas 9B dengan tema Nyadap Kabong, juara ketiganya kelas 9A dengan tema Nirok Nanggok”, jelas Lisa.

Lisa juga mengatakan, guna menambah semarak kegiatan dalam rangka HUT RI ke-77 tahun tersebut, pihaknya juga menggelar acara fashion show khusus bagi seluruh guru dan TU SMP Negeri 5 Membalong, yang digelar usai pelaksanaan jalan santai.

BACA JUGA: Ustadz Zuhri Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Siswa Siswi SMA/SMK se-Kabupaten Belitung

“Fashion show bagi guru dan TU ini sebenarnya untuk hiburan dan lucu-lucuan saja, agar tambah semarak, juri yang menilainya itu dari siswa dan pihak komite sekolah. Ada juga hadiahnya yang diberikan kepada pemenang, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi dan antusiasnya”, kata Lisa.

Melalui kegiatan tersebut, Lisa berharap selain bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan kerjasama siswa dalam menampilkan peran yang diusung secara bersama, juga dapat membangun jiwa para siswa untuk lebih cinta tanah air dan bangga dengan tradisi, adat istiadat serta kearifan lokal yang ada di wilayah Kecamatan Membalong.

“Harapan terbesar dari terlaksananya kegiatan ini dapat menumbuhkan bahkan menyuburkan rasa cinta tanah air, nasionalisme, patriotisme, dan kebanggaan akan tradisi adat istiadat dan kearifan lokal daerah Membalong khususnya, Indonesia pada umumnya”, ujarnya.

BACA JUGA: Perayaan Hari Jadi Desa Pulau Seliu Diawali Ziarah Ke Makam Mandor Mahmoed

Untuk itu, Lisa menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah berperan dalam mesukseskan kegiatan Jalan Santai Rasa Pawai tersebut, sehingga bisa terselenggara dengan baik dan lancar. Semua itu berkat kerjasama dan kekompakan seluruh warga SMP Negeri 5 Membalong, Komite Sekolah serta dukungan dari Kepala Desa Membalong.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, terima kasih juga kepada Pak Kades Membalong, yang juga ikut memberikan door prize langsung dalam bentuk uang kepada pemenang undian”, pungkasnya. (yab)

judul gambar