oleh

Jelang G20, Gemawira Wilayah Pulau Belitong Gelar Talkshow di Beltim Agar Persiapan Pelaku UMKM Matang

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) Pulau Belitong, Jumat (26/08/2022), menggelar acara Talkshow Kewirausahaan dan Bazar UMKM bertempat di Auditorium Zahari MZ Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional tahun 2022 dan HUT RI ke-77 tahun.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai persiapan menyongsong Perhelatan G20 di Pulau Belitong pada 7-9 September mendatang. Karena event G20 tersebut merupakan kesempatan emas bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) guna memasarkan, mempromosikan serta mengenalkan produknya di kancah internasional.

BACA JUGA: Apdesi Belitung Datangi Kabid PMD, Guna Luruskan Informsi Tempat Pelantikan Kades Terpilih

Asisten I Bupati Beltim Sayono saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim berharap pelaku UMKM di Kabupaten Beltim memiliki kesiapan yang matang dalam memasarkan produk UMKM-nya.

“Menjelang pelaksanaan G20 nantinya, Pemda senantiasa mengharapkan rekan-rekan pelaku UMKM memiliki kesiapan yang matang dalam memasarkan produk UMKM nya untuk mampu menarik wisatawan yang datang”, sebut Sayono.

BACA JUGA: Juara Pertama Turnamen Volley Ball Desa Juru Seberang, Diraih Team Dusun Pulau Bayan

Lebih lanjut Sayono mengatakan, UMKM juga memegang andil penting dalam mendongkrak perekonomian pasca pandemi COVID-19. Hal ini mendorong Pemkab Beltim untuk fokus pada pengembangan perekonomian masyarakat, terutama pemberdayaan bagi para pelaku UMKM.

“Pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemberdayaan UMKM diharapkan dapat menjadi momen untuk mampu memberikan multiplier effect dalam mendukung eksistensi dan optimalisasi keberadaan UMKM,” lanjut Sayono.

BACA JUGA: Pemkab Beltim Siap Menanggung Biaya Premi Asuransi Nelayan

Sementara itu, Pembina Gemawira wilayah Pulau Belitong Istanty Safitrie menjelaskan, seluruh UMKM di Pulau Belitong terutama UMKM Beltim harus lebih aktif dan kreatif dalam menghadapi G20 ini. Terlebih UMKM sudah mendapatkan support yang luar biasa dari Pemerintah Daerah setempat.

“Kita pengen semua bisa berperan aktif, kita coba semangatin mereka bahwa sesama UMKM bisa saling support, terutama UMKM yang ada di Beltim karena memang sudah disupport oleh Pemdanya untuk kemudian bersemangat dan memasarkan produknya ke seluruh area”, ungkapnya.

BACA JUGA: UPI Bandung Siap Dampingi Atlit dan Pelatih Olahraga Beltim

Menurut Istanty, ajang G20 merupakan jalan agar keanekaragaman produk kreatif UKM lokal bisa lebih dikenal khalayak luas. Diharapkannya, para pelaku untuk tetap berproduksi dengan standar dan mutu produk yang berkualitas.

“Ajang G20 ini merupakan pintu atau jalan agar lebih dikenalnya keanekaragaman produk kreatif UMKM lokal kita. Jadi setiap saat kita harus tetap kreatif dan tetap berproduksi, karena setelah G20 ini arus masuk wisatawan akan semakin banyak, dan kita sudah siap dengan standar dan mutu produk yang berkualitas”, pungkasnya. (rel)

BACA JUGA: Kalapas dan Jajarannya Menjajal Lapangan Tembak Brimob, Guna Mengasah Kemampuan Menembak

judul gambar