Apdesi Belitung Datangi Kabid PMD, Guna Luruskan Informsi Tempat Pelantikan Kades Terpilih

BELITUNG, pradivanews.com – Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Belitung, Jumat (26/08/2022), mendatangi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kabid PMD) Dinas PPKBPMD Kabupaten Belitung, Antonio Apriza di ruang kerjanya.

Pertemuan Pengurus Apdesi Kabupaten Belitung ini bertujuan untuk menindaklanjuti informasi yang berkembang di masyarakat terkait lokasi pelaksanaan Pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih dalam Pilkades serentak tahun 2022 yang akan dilangsungkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Dukong.

Sebelumnya sempat tersiar khabar bahwa pelantikan 14 Kades terpilih tersebut akan berlangsung di lokasi TPA sampah Desa Dukong. Informasi tersebut juga sempat diberitakan salah satu media lokal Belitung, berdasarkan komentar dari Kabid PMD Dinas PPKBPMD Kabupaten Belitung, Antonio Apriza.

Dalam pemberitaan di media tersebut, tertulis komentar Antonio yang menyebutkan “Apakah nantinya di tempat pembuangan akhir sampah, apakah di lokasi wisata desa yang coba dikembangkan. Nah ini belum bisa kita pastikan. Tetapi InsyaAllah pelantikan tetap 30 Agustus 2022”, tandasnya.

Komentar Antonio ini kemudian memicu polemik di kalangan Kades, karena penyebutan lokasi pelantikan tersebut dianggap telah merendahkan harkat dan martabat Kades terpilih, mengingat lokasi yang dimaksud sangat tidak wajar.

Untuk mengkonfirmasi informasi yang beredar di masyarakat luas tersebut, maka Ketua Apdesi Kabupaten Belitung Mulkan beserta Sekretaris Apdesi Kabupaten Belitung Firdaus, Perwakilan Apdesi Provinsi Babel Antoni dan Kades Keciput Pratiwi Perucha, menjambangi langsung Antonio Apriza di kantornya.

Melalui release singkat yang diterima pradivanews.com, Mulkan mengatakan maksud kedatangan Apdesi ke Kantor Dinas PPKBPMD bertujuan untuk menindaklanjuti berita yang bekembang di masyarakat luas mengenai lokasi pelantikan Kades terpilih yang sempat hangat diperbincangkan.

“Informasi di luaran, mengenai tempat pelantikkan untuk kades terpilih yang katanya akan diadakan di TPA. Ada beberapa suara sumbang di masyarakat dan lingkungan kades sendiri tentunya. Sebab hal tersebut kemudian kami pihak Apdesi berinisiatif untuk mengkonfirmasi langsung hal tersebut kepada Kabid PMD Antonio”, sebut Mulkan.