oleh

Jaga Netralitas ASN Dalam Pemilu, Bawaslu Belitung Gelar Sosialisasi Zona Integritas

BELITUNG, pradivanews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung, menggelar Sosialisasi Penerapan Zona Integritas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa (23/08/2022), bertempat di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Acara Sosialisasi Penerapan Zona Integritas bagi ASN ini ditandai dengan pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama antara Bawaslu Kabupaten Belitung dengan Pemkab Belitung, tentang netralitas ASN di lingkungan Pemkab Belitung pada pemilu 2024. Penandatanganan komitmen bersama ini dilakukan oleh Bupati Belitung, Sahani Saleh dan Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Heikal Fackar

BACA JUGA: Netralitas ASN Harga Mati, Ini Pesan Ikhwan Saat Penandatanganan MoU

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung, Heikal Fackar menyampaikan ungkapan terima kasihnya Kepada Pemkab Belitung yang telah memberikan dukungan penuh terhadap kelancaran tugas dan kinerja Bawaslu Kabupaten Belitung, sehingga Bawaslu bisa melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal.

Lebih lanjut Haikal mengatakan, azas netralitas ASN telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 05 Tahun 2014 tentang ASN. Kata Haikal, ada beberapa pihak yang wajib netral dalam pemilu, pertama Pihak Penyelenggara yakni Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kedua ASN, ketiga TNI/Polri serta keempat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers.

BACA JUGA: Lakukan Open BO, Tiga Janda Asal Jawa Barat Diamankan Satpol PP Pemkab Belitung

“Cuma ada sedikit perbedaan antara netralitas TNI/Polri dengan netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilu, dimana netralitas TNI/Polri tidak ikut memilih, sedangkan netralitas ASN ikut memilih. Kami berharap pada pemilu serentak 2024 mendatang, netralitas ASN di Kabupaten Belitung tetap terjaga, tetap zero case, seperti pada pemilu 2018 yang lalu”, sebut Heikal.

Sementara itu, Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) dalam sambutannya, mengajak seluruh peserta yang hadir untuk menjadikan momentum kegiatan ini sebagai langkah awal mendukung upaya Bawaslu menjaga netralitas ASN dalam pelaksanaan pemilu yang bersih dan lancar pada tahun 2024 mendatang.

“Apresiasi positif saya sampaikan untuk Bawaslu Belitung atas terselenggaranya kegiatan ini, karena telah mengingatkan kami selaku Aparatur Sipil Negara akan pentingnya netralitas dalam pemilu supaya nantinya dapat terlaksana pemilu yang bersih dan lancar”, pungkas Sanem.

BACA JUGA: SMA Negeri 2 Tanjungpandan Gelar Sosialisasi Hasil Psikotes Siswa Kelas X

Hadir dalam kegiatan ini Anggota Bawaslu Belitung, Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan Hubal Yerry Larona dan Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Rina Dardini, serta ASN dari berbagai Instansi di lingkungan Pemkab Belitung. (esd)

judul gambar