oleh

Menteri Kelautan dan Perikanan Resmikan Arkilaa Mangrove Lounge di Bantan

BELITUNG, pradivanews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, Sabtu (20/08/2022) sore, meresmikan Arkilaa Mangrove Lounge yang berada di Dusun Ilir Desa Bantan, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Bupati Belitung, Sahani Saleh.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, Geopark Belitung merupakan Kawasan Geopark paling cepat pertumbuhannya di Indonesia dibandingkan dengan daerah lain. Hal ini dikarenakan Belitung menurutnya memiliki sektor perikanan yang strategis serta sejarah panjang tentang kelautan.

BACA JUGA: Menteri PPN/Bappenas Tinjau Langsung Kesiapan Fasilitas G20 di Belitung

“Terimakasih saya sampaikan kepada pemerintah daerah, dinas instansi, investor dan semua pihak yang telah mendukung upaya pembangunan sektor kelautan dan perikanan. Khususnya kepada PT Famindo Internasional Resor, Bapak Yulius yang telah membangun Arkillaa Manggrove Launge di Belitung, sehingga akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat”, sebut Sakti Wahyu Trenggono.

Lebih lanjut ia mengatakan, keuntungan lain yang dimiliki yaitu sebagai poros maritim dunia yang menempatkan Indonesia pada posisi yang sangat strategis dan menguntungkan. Karena itu ia berharap agar semua bisa menjaga kekayaan alam yang ada di Belitung.

“Saya berharap, kita semua dapat menjaga kelestarian laut, terutama dalam hal ini mangrove. Penanaman kembali mangrove menjadi penting, dan di Belitung ini ada mangrove yang umurnya ratusan tahun, rencananya nanti saya akan kesana bersama Menteri PPN/Bappenas, meninjau hutan bakau di Pulau Langer Selat Nasik”, sebutnya.

BACA JUGA: Gelar Acara Ngelakar Gawai G20, Pemerintah Pusat Apresiasi Persiapan Jelang Pertemuan G20 di Pulau Belitong

Usai peresmian Arkilaa Mangrove Lounge, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono, KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Bupati Belitung Sahani Saleh, beserta tamu undangan lainnya melakukan peninjauan hutan mangrove di Dusun Ilir Desa Bantan Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Hadir dalam acara peresmian Arkilaa Mangrove Lounge ini antara lain, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Asisten Teritorial (Aster) Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, Danrem 045 Gaya Brigjen TNI Ujang Darwis MDA. Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Hairil Achmad, Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana Zaviansyah, dan Kajari Belitung IG. Punia Atmaja,

Selain itu, hadir juga Direktur PT Famindo Internasional Resort Yulius, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidillah, Kepala Dinas PMPTSPP Kabupaten Belitung Nurman Sunanda, serta sejumlah dan tamu undangan lainnya. (esd)

BACA JUGA: Desa Keciput Dipilih Sebagai Mitra dari Program BRI Menanam

judul gambar