oleh

PT Timah Serahkan Bantuan Mobil Jenazah Kepada UPT Puskesmas Renggiang

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – PT Timah Tbk menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance jenazah kepada UPT Puskesmas Renggiang Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Selasa (16/08/2022). Bantuan mobil ini sebagai bentuk sumbangsih PT Timah Tbk dalam momentum Peringatan HUT RI ke-77 tahun.

Bantuan satu unit mobil ambulance jenazah ini diserahkan langsung Direktur Utama PT Timah Tbk Achmad Ardianto, disaksikan Bupati Beltim Burhanudin dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Beltim M Yulhaidir.

Penyerahan bantuan satu unit mobil ambulance jenazah melalui CSR ini, sebagai upaya PT Timah Tbk guna meningkatkan serta memudahkan pelayanan kesehatan dan kemanusiaan di Kecamatan Simpang Renggiang Beltim.

Baca Juga: Bulan Bakti PT Timah, 85 Anak Ikuti Khitanan Massal

Kepala UPT Puskesmas Renggiang, dr Fortuna mengatakan, UPT Puskesmas Renggiang hanya memiliki mobil ambulance biasa. Sedangkan khusus mobil ambulance jenazah belum ada, sehingga kalau membawa jenazah menggunakan mobil pick up atau mobil umum lainnya.

“Jadi kalau dulu bawa jenazah itu hujan kena hujan, panas kena panas. Jadi ketika saya pindah kesini saya menangis melihatnya”, sebut Fortuna kepada awak media.

Melihat kondisi tersebut, ia mengajak segenap jajaran UPT Puskesmas Renggiang untuk memperjuangkan mobil jenazah, sehingga nantinya jenazah bisa diantar dengan layak hingga ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Baca Juga: Bupati Belitung Kukuhkan 32 Anggota Paskibraka Kabupaten Belitung Tahun 2022

“Kami buatkan proposal, minta dukungan ke masyarakat, bupati, kepala dinas, anggota DPRD, mereka mendukung ketika kami pergi ke PT Timah Tbk di Bangka”, jelas Fortuna.

Jenazah

Dikatakannya, bantuan satu unit mobil ambulance jenazah dari PT Timah Tbk ini dapat dipergunakan seluruh masyarakat di Kecamatan Renggiang dan sekitarnya. Oleh karena itu ia sangat mengapresiasi PT Timah Tbk yang sudah peduli dengan masyarakat Renggiang.

“Selain masyarakat Renggiang, jika masyarakat lain ingin meminjamnya juga kami perbolehkan”, ujarnya.

Baca Juga: FORKI Beltim Raih Predikat Juara Umum Dua Dalam Ajang FORKI CUP V Babel

Fortuna juga mengatakan, untuk pemeliharaan mobil ambulance jenazah tersebut nantinya akan diusahakan dari anggaran UPT Puskesmas Renggiang. Sedangkan untuk sopirnya dari masyarakat yang bersedia menjadi relawan.

“Mobil jenazah ini sangat penting untuk masyarakat sini, dan kami akan meliharanya, ini amal ibadah”, tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Beltim M Yulhaidir mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi CSR dari PT Timah Tbk dalam upaya membantu meningkatkan pelayanan masyarakat di Kecamatan Renggiang.

“Mudah-mudahan mobil jenazah ini bisa bermanfaat untuk masyarakat, dan akan kita serahkan sepenuhnya di Puskesmas Renggiang”, kata Yulhaidir.

Baca Juga: Burhanudin Bangga Presiden Joko Widodo Kenakan Baju Paksian Dari Bangka Belitung

Senada, Bupati Beltim Burhanudin (Aan) mengatakan, Pemkab Beltim juga mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk berupa bantuan satu unit mobil ambulance jenazah tersebut.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat Simpang Renggiang, dan ini menjadi bagian unit kerja di Puskesmas Renggiang”, ungkap Aan.

Aan juga menambahkan, kedepannya nanti Pemkab Beltim akan menyediakan mobil jenazah di seluruh kecamatan di wilayah Beltim.

“Kita akan berusaha maksimal menyediakan mobil jenazah di setiap kecamatan, untuk puskemas di Beltim”, pungkasnya. (rel)

Baca Juga: Tepuk Tangan Menggema di Ruang Rapat Paripurna DPRD Belitung, Saat Jokowi Sebut Asal Baju Yang Dikenakannya

judul gambar