oleh

Kelompok HKm Seberang Bersatu Berharap Program PEN Mangrove Kembali Berjalan

BELITUNG, pradivanews.com – Kelompok Pengelola Hutan Kemasyarakatan (Hkm) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang Tanjungpandan berharap pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mangrove oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dapat kembali berjalan.

Hal ini diungkapkan Ketua HKm Seberang Bersatu Marwandi, mengingat program tersebut sangat membantu pemulihan ekonomi masyarakat, pasca pandemi COVID-19 yang berkepanjangan sehingga membuat ekonomi masyarakat sempat terpuruk.

“Kami berharap program PEN mangrove oleh BRGM pada tahun ini dapat kembali berjalan seperti tahun lalu, karena program ini kami rasakan sangat membantu perekonomian masyarakat”, ungkap Marwandi, Jumat (12/08/2022).

Baca Juga: Fadhli Asal Beltim Raih Emas di Kejurnas Atletik Semarang

Dikatakan Marwandi, program PEN mangrove tersebut dinilai sangat membantu pemulihan ekonomi nelayan serta masyarakat pesisir setempat setelah terdampak pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia umumnya, dan Kabupaten Belitung khususnya.

Seberang

Lahan kritis di pesisir pantai setempat menurutnya, ditanami mangrove guna mengembalikan fungsinya sebagai pelindung pesisir pantai dari hempasan gelombang laut, serta menjadi habitat udang dan kepiting.

“Jadi sangat disayangkan jika program ini terhenti, karena selain membantu pemulihan ekonomi masyarakat, juga sangat bermanfaat untuk pemulihan lahan kritis di pesisir pantai”, kata Marwandi.

Baca Juga: Sandiaga Uno Secara Resmi Membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022

Lebih lanjut Marwandi menjelaskan, pada tahun 2021 lalu HKm Seberang Bersatu menerima program PEN mangrove seluas 52 hektar. Dalam kegiatan tersebut melibatkan sebanyak 60 hingga 70 orang warga masyarakat.

“Satu hektar ditanami bibit mangrove dengan jumlah yang bervariasi, mulai dari 3.000 sampai 5.000 bibit. Dan semua pihak bisa dilibatkan agar program ini benar-benar dapat berjalan dengan maksimal, sehingga dampaknya benar-benar dirasakan oleh masyarakat”, pungkasnya. (yab)

Baca Juga: Ketua Kwarcab Lantik Anggota Pramuka Garuda dan Lepas Kontingen Jamnas XI Tahun 2022

judul gambar