oleh

Sandiaga Uno Secara Resmi Membuka Pesona Belitung Beach Festival 2022

BELITUNG, pradivanews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (10/08/2022), membuka secara resmi Pagelaran Pesona Belitung Beach Festival 2022, yang berlangsung di Objek Wisata Pantai Tanjung Pendam, Tanjungpandan.

Kegiatan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung yang akan berlangsung hingga tanggal 14 Agustus 2022 mendatang ini, dimeriahkan dengan berbagai acara antara lain pameran UMKM, lomba fashion, batik Belitong on the Beach, lomba band, pentas tari daerah, fashion show serta drama tari kolosal.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan hadrah oleh Menparekraf didampingi Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung, dan unsur Forkopimda dan sejumlah tamu undangan lainnya. Pembukaan juga dimeriahkan dengan penampilan parade pelangi budaya serta pelepasan tukik.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Sahani Saleh atau yang biasa disapa Sanem, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno di Belitung dalam rangka meresmikan pembukaan Pesona Belitung Beach Festival tahun 2022.

Menurut Sanem, kegiatan ini merupakan agenda rutin dan berkesinambungan yang diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya perkembangan sektor pariwisata daerah dan kemajuan UMKM, khususnya di Belitung.

“Saya ucapkan terima kasih Kepada Menparekraf yang telah hadir untuk membuka secara resmi Pesona Belitung Beach Festival 2022 ini, dan semua pihak yang terus berupaya memberikan stimulus positif terhadap pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Belitung”, sebut Sanem.

Baca Juga: Ketua Kwarcab Lantik Anggota Pramuka Garuda dan Lepas Kontingen Jamnas XI Tahun 2022

Sanem juga berharap dengan segala pembenahan yang dilakukan Pemkab Belitung dalam upaya meningkatkan perkembangan pariwisata, dapat memberikan dampak yang bernilai guna bagi kemajuan daerah. Dapat terus di semarakan dengan berbagai event promosi wisata dan event bergengsi lainya.

“Untuk itu saya berharap agar pelaku wisata dan juga masyarakat dapat terus berkreasi dan berinovasi menciptakan kegiatan yang unik dan khas dengan melibatkan pelaku seni dan UMKM dalam upaya mengangkat kemajuan sektor pariwisata daerah”, harap Sanem.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya mengajak Pemerintah Daerah untuk terus menggiatkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Guna meningkatkan penghasilan masyarakat dan meningkatkan perputaran roda perekonomian.

Baca Juga: Ratusan Massa SPSI Berunjuk Rasa Tuntut UU Omnibuslaw Dicabut

“Kami menyambut baik kegiatan ini, apalagi saat ini Belitung sudah menjadi Kawasan Unesco Global Geopark (UGG) dan menjadi spotlite dunia dengan dilaksanakannya G20 pada September mendatang”, ujar Sandiaga Uno.

Ditambahkannya, berdasarkan laporan dari Travel dan Tourism Development Index 2021 yang terbit pada Mei 2022 menyebutkan, bahwa saat ini Industri Pariwisata Indonesia berada pada peringkat 32 dari 117 negara di dunia, dimana posisi tersebut naik 8 peringkat di banding capaian di tahun 2019 sebelum pandemi.

“Hal ini tentu saja menunjukan Pariwisata Indonesia semakin berkualitas dan tumbuh berkembang. Ini akan menciptakan lapangan kerja baru dan kemajuan bagi UMKM daerah. Seiring dengan hal itu, kita patut bangga kegiatan Pesona Belitung Beach Festival ini menjadi kegiatan berskala nasional dan 100 Top Event Kalender Pariwisata Indonesia”, pungkas Sandiaga Uno. (esd)

Baca Juga: Anto Asal Belitung Sabet Emas dan Perunggu di Kejurnas Atletik Semarang
 

judul gambar