oleh

Anto Asal Belitung Sabet Emas dan Perunggu di Kejurnas Atletik Semarang

BELITUNG, pradivanews.com – Efrianto Saputra (17) atlit PASI Kabupaten Belitung sabet Medali Emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik tahun 2022 di Semarang Jawa Tengah. Efrianto Saputra menduduki peringkat pertama di nomor 10.000 meter Kelompok U20 Putra.

Kejurnas Atletik tahun 2022 yang berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang Semarang Jawa Tengah ini digelar sejak tanggal 6 Agustus hingga 11 Agustus 2022. Kejurnas Atletik yang diikuti sekitar 1500 peserta dari 34 Provinsi ini terbagi dalam 3 kategori pertandingan, yakni Kelompok U18 Putra dan Putri, Kelompok U20 Putra dan Putri, serta Kelompok Senior Putra dan Putri ini.

Pelatih PASI Kabupaten Belitung Junaidi saat dikonfirmasi pradivanews.com mengatakan, Efrianto Saputra yang akrab disapa Anto ini merupakan atlit PASI asal Kabupaten Belitung yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), untuk mengikuti Kejurnas Atletik di dua nomor pertandingan.

Baca Juga: Diklat Paskibraka Kabupaten Belitung Tahun 2022 Diikuti 32 Orang Pelajar Pilihan

“Selain berhasil meraih medali Emas di nomor 10.000 meter Kelompok U20 Putra, Anto juga berhasil meraih medali Perunggu di nomor 5000 meter Kelompok U20 Putra. Jadi Anto ini ikut di dua nomor perlombaan”, sebut Junaidi melalui pesan WhatAppsnya, Rabu (10/08/2022) pagi.

Junaidi juga mengatakan, pada nomor 5000 meter Kelompok U20 Putra, Anto berhasil mencatat waktu 16:38:07 dan hanya menduduki peringkat tiga. Sedangkan pada nomor 10.000 meter Kelompok U20 Putra, Anto berhasil mengalahkan lawan-lawannya dengan catatan waktu 37:29:02 dan menduduki peringkat pertama.

Dijelaskan Junaidi, posisi pertama di nomor 5000 meter Kelompok U20 Putra diraih Fadhil Aulia Mufti atlit asal Sumatera Utara dengan catatan waktu 16:04:16 dan meraih medali Emas. Sedangkan pada posisi kedua diraih Muhammad Iqra Saputra atlit asal Nusa Tenggara Barat dengan catatan waktu 16:28:16 dan meraih medali Perak.

Baca Juga: Atlit PASI Beltim Juara III Kejurnas Atletik Senior di Semarang

Lebih lanjut dijelaskannya, pada nomor 10.000 meter Kelompok U20 Putra, posisi kedua setelah Anto diraih Firmansa Maudup asal Sulawesi Utara dengan catatan waktu 38:49:00 dan meraih medali Perak. Sedangkan posisi ketiga diraih Dirman asal Sulawesi Tenggara dengan catatan waktu 39:48:03 dan meraih medali Perunggu.

Menurut Junaidi, persiapan Anto dalam menghadapi Kejurnas Atletik ini belumlah maksimal. Hal ini disebabkan Anto yang masih berstatus pelajar di SMK Negeri 1 Tanjungpandan, saat ini harus melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL), sehingga waktu untuk latihannya sangat terbatas.

“Tapi Alhamdulillah, meskipun latihannya tidak maksimal, hasilnya bisa dapat Emas di nomor 10.000 meter. Saya mendapatkan atlit ini dari seorang guru di sekolahnya, yang bernama pak Daryono”, ungkap Junaidi.

Baca Juga: GMB Bersama PPI dan FKPPI Gelar Kegiatan Bersih-Bersih TMP Ksatria Tumbang Ganti

Pada event Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Porprov Babel) VI di Bangka Barat tahun 2023 mendatang, Anto merupakan salah satu atlit PASI yang akan memperkuat kontingen Kabupaten Belitung.

“InsyaAllah Anto akan memperkuat tim Belitung di Porprov 2023 nanti, karena di event se-babel Anto ini sering dapat juara satu. Mudah-mudahan bisa seperti Roby ke depannya nanti”, harap Junaidi.

Sebelum Anto, ada Roby Syianturi atlit PASI asal Kabupaten Belitung yang sudah banyak mengukir prestasi. Saat ini menurut Junaidi, putra terbaik Belitung ini sedang mengikuti Kejuaraan Islamic Solidarity Game Konya di Turki, yang akan bertanding pada tanggal 11 Agustus 2022.

“Tak kalah menarik, saat ini anak Belitong, Roby Syianturi tengah berjuang di Turki, akan bertanding Kamis tanggal 11 Agustus besok. Semoga Roby bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan untuk PASI Belitung”, kata Junaidi.

Baca Juga: WBP Lapas Tanjungpandan Lakukan Panen Hasil Budidaya Ikan Lele Serta Penghijauan Lahan Kosong

Sebagai Pelatih Cabang Olahraga (Cabor) PASI Kabupaten Belitung, Junaidi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, KONI Kabupaten Belitung, serta Pengurus PASI Kabupaten Belitung yang sudah banyak memberikan suport terhadap atlit binaannya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati pak Sanem, Sekda pak Hendra Caya, Ketua KONI pak Amin, Ketua PASI pak Duan, Kadis Pendidikan pak Subagio, walaupun beliau sudah tidak di Kadispora lagi tapi beliau masih sangat peduli dengan kami. Sekali lagi terima kasih atas suport dan doanya”, pungkas Junaidi. (yab)

Baca Juga: Adi Wijaya Terpilih Sebagai Ketum KONI Kabupaten Belitung Masa Bakti 2022-2026

judul gambar