oleh

Diklat Paskibraka Kabupaten Belitung Tahun 2022 Diikuti 32 Orang Pelajar Pilihan

BELITUNG, pradivanews.com – 32 orang Calon Paskibraka (Capas) Kabupaten Belitung tahun 2022, melaksanakan latihan rutin sebagai persiapan Pengibaran dan Penurunan Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun, pada tanggal 17 Agustus 2022 mendatang. 32 orang Capas ini merupakan pelajar pilihan dari berbagai SLTA, yang telah dinyatakan panitia lulus dari tahapan seleksi.

Pendidikan dan Latihan (Diklat) Capas Kabupaten Belitung tahun 2022 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Belitung ini, merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Belitung Yovie Agustian Putra mengatakan, Diklat Capas merupakan pemusatan latihan bagi para pelajar yang telah dinyatakan lulus, dari rangkaian tahapan seleksi beberapa waktu lalu. Proses seleksi Capas ini dilakukan panitia yang berasal dari unsur TNI/Polri, PPI dan Team Medis.

Baca Juga: Atlit PASI Beltim Juara III Kejurnas Atletik Senior di Semarang

“Pemusatan latihan ini berlangsung selama 18 hari, dimulai sejak tanggal 01 Agustus kemarin sampai dengan 18 Agustus nanti. Pesertanya merupakan perwakilan pelajar SLTA dari tiap kecamatan yang telah lulus seleksi. Selama Diklat, mereka ini di karantina, atau diasramakan di Hotel Grand Trovical, yang kami sebut dengan asrama Desa Bahagia”, ungkap Yovie.

Terkait pelaksanaan Diklat Capas Kabupaten Belitung tahun 2022, Yovie mengatakan pihaknya berkolaborasi dalam sebuah tim yang dibentuk oleh Dispora Kabupaten Belitung. Tim ini menurutnya, ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Bupati Belitung. Di dalam SK tersebut, pengurus PPI Kabupaten Belitung menempatkan anggota PPI sebagai Pembina dan Pelatih.

“Tentunya, yang kita tugaskan dalam tim adalah Anggota PPI yang berkompeten, dan memiliki pengalaman dalam pelaksanaan Diklat Paskibraka”, ujar Yovie.

Baca Juga: GMB Bersama PPI dan FKPPI Gelar Kegiatan Bersih-Bersih TMP Ksatria Tumbang Ganti

Sebagai Ketua PPI, Yovie menekankan kepada Anggota PPI yang ditugaskan sebagai Pembina Asrama Desa Bahagia, agar memberikan pembinaan yang sifatnya mendidik agar nantinya dapat membentuk karakter para peserta Diklat menjadi generasi muda yang berpancasila.

“Yang pasti kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Belitung, khususnya orang tua yang bersangkutan, agar adik-adik kita yang nantinya akan bertugas dalam Upacara Peringatan HUT RI Ke-77 pada tanggal 17 Agustus, baik itu saat pelaksanaan Pengibaran maupun Penurunan Duplikat Bendera Pusaka, bisa berjalan dengan sempurna”, harap Yovie.

Sementara itu, Koordinator Pelatih dari Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) HAS Hananjoeddin, Serma Rachmad mengatakan, progress latihan yang telah dicapai saat ini berada dikisaran 75 hingga 80 persen. Pada tahap ini, menurutnya sudah memasuki penyeleksian petugas inti yang nanti akan bertugas sebagai Komandan Pleton, Pembawa Baki Bendera, regu Pengibar dan regu Penurunan Duplikat Bendera Pusaka.

Baca Juga: WBP Lapas Tanjungpandan Lakukan Panen Hasil Budidaya Ikan Lele Serta Penghijauan Lahan Kosong

“Di hari ke-3 diklat, kita sudah perkenalkan formasi dalam pelaksanaan pengibaran dan penurunan, sekarang sudah di hari ke-8, kita sudah mulai masuk ke tahap penghalusan. Dan Alhamdulillah mereka ini memiliki talenta serta kemampuan yang merata, sehingga memudahkan kita dalam proses penyampaian materi”, sebut Rachmad.

Saat ditanya terkait dengan kondisi peserta Diklat, Rachmad mengatakan bahwa hingga saat ini 32 orang Capas yang mengikuti Diklat dalam kondisi baik-baik, sehat dan selalu dalam keceriaan.

“Berkat doa dan dukungan penuh dari orang tua peserta dan pemerintah daerah, dalam hal ini Dispora Belitung, adik-adik ini dalam kondisi sehat dan selalu ceria”, pungkas Rachmad. (esd)

Baca Juga: Jelang G20, Pemkab Beltim Gelar Rapat Persiapan Dengan Pokok Bahasan Kebersihan Sebagai Aspek Utama

judul gambar