oleh

140 Orang Pelajar Ikuti Latihan Gabungan PMR yang Digelar PMI Cabang Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Sebanyak 140 orang pelajar mengikuti Latihan Gabungan (Latgab) Palang Merah Remaja (PMR), Minggu (07/08/2022) pagi, yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Belitung, yang berlangsung di Markas Cabang PMI Kabupaten Belitung.

Peserta merupakan utusan dari 32 sekolah se-Kabupaten Belitung, dengan rincian 7 orang peserta dari tingkat Sekolah Dasar (SD), 77 orang peserta dari tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), dan 56 orang peserta dari tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Ketua Bidang Relawan dan Anggota PMI Cabang Belitung Sofyan mengatakan, jenjang keanggotaan PMR terbagi 3 tingkatan yakni, tingkat Mula untuk pelajar SD atau berusia 10 sampai 12 tahun, tingkat Madya untuk pelajar SLTP atau berusia 12 sampai 15 tahun, dan tingkat Wira untuk pelajar SLTA atau berusia 15 sampai 18 tahun.

Baca Juga: Adi Wijaya Terpilih Sebagai Ketum KONI Kabupaten Belitung Masa Bakti 2022-2026

“Tujuan diadakan Latgab adalah untuk penyamaan persepsi, pemahaman materi dan pengkaderan anggota PMR agar terus dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkatannya. Terima kasih saya ucapkan bagi sekolah-sekolah yang sudah mendukung dan mengirimkan utusan siswanya, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana”, sebut Sofyan.

Menurut Sofyan, kegiatan pengkaderan relawan sosial dan relawan kebencanaan yang rutin dilaksanakan PMI Cabang Belitung ini, sempat vakum selama hampir 2 tahun dikarenakan pandemi.

Ia juga menjelaskan, dalam kegiatan Latgab ada 7 materi pokok yang disampaikan kepada Anggota PMR sesuai dengan sesi latihan, yaitu gerakan kepalang merahan, kepemimpinan, pertolongan pertama, sanitasi dan kesehatan, kesehatan remaja, kesiap-siagaan bencana dan donor darah.

Baca Juga: DSPPPA dan LK3 Sosialisasikan Upaya Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini

“Karena ini baru mulai, maka pada tahap sesi latihan kali ini materi yang disampaikan adalah materi seputar pengenalan tentang kepalang-merahan. Materi-materi yang lain akan kita sampaikan nanti pada sesi latihan berikutnya”, ujar Sofyan.

Sementara itu pengurus bidang Informasi dan Humas PMI Kabupaten Belitung KA Mustafa Ilyas mengatakan, kegiatan PMI Cabang Belitung dalam mensosialisasikan PMR ini ke semua tingkatan sekolah, sudah sejak lama dilakukan dan upaya itu masih terus hingga saat ini.

“Kita masih tetap upayakan sosialisasi untuk pengkaderan relawan ini, bahkan untuk sekolah yang belum mempunyai kader, kita tawarkan fasilitator untuk memback up”, pungkasnya. (esd)

Baca Juga: Ustadz Zuhri Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Siswa Siswi SMA/SMK se-Kabupaten Belitung

judul gambar