oleh

Ustadz Zuhri Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Siswa Siswi SMA/SMK se-Kabupaten Belitung

BELITUNG, pradivanews.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dan MPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Bangka Belitung (Babel) periode 2019-2024 Ustadz Zuhri M Syazali Lc, MA, Kamis (04/08/2022), melaksanakan Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, bagi siswa dan siswi perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Belitung.

Acara yang berlangsung di SMA PGRI Tanjungpandan, Belitung ini, selain diikuti siswa dan siswi SMA/SMK, juga dihadiri Kepala Sekolah SMA PGRI Tanjungpandan Indradipura SmHk, beserta guru-guru antara lain Roro Suparsinah S.Pd , Ratih Wastiani S.Pd, Pusparini S.Pd, dan Drs. Hj. Rita Indriani.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bagi siswa dan siswi perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Belitung yang dipandu moderator Sudarto S.H ini, selain diisi Ustadz Zuhri M Syazali LC, MA sebagai narasumber, juga diisi narasumber lainnya yakni Eldy Saputra W, ST.

Baca Juga: Sriwana dan Adi Wijaya Lolos Seleksi Sebagai Calon Ketum KONI Kabupaten Belitung

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMA PGRI Tanjungpandan Indradipura SmHk menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Ustadz Zuhri yang berkesempatan hadir dan mengelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA PGRI Tanjungpandan.

“Dengan sosialisasi ini kita harapkan siswa-siswi ini mendapat bekal dan menjadi paham akan nilai empat pilar kebangsaan tersebut”, ungkap Indradipura.

Sementara itu Ustadz Zuhri mengatakan, pemahaman dan penguatan 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting bagi Generasi Muda di Babel dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045.

“Empat pilar kebangsaan merupakan pondasi utama dalam menentukan kokohnya suatu bangsa. 4 pilar juga dapat diartikan sebagai fondasi, tiang penyanggah. Selain itu pemahaman dan implementasi perlu diketahui oleh para siswa”, sebut Ustadz Zuhri.

Baca Juga: Konsentrasi Penelitian LTJ Dititik Beratkan di Bangka Belitung

Ia juga mengatakan nasib bangsa Indonesia kedepannya tergantung generasi muda saat ini. Sebab itu, kata Ustadz Zuhri, generasi muda menjadi harapan dan impian serta cita cita bangsa Indonesia seperti yang telah dirumuskan oleh para tokoh pendiri bangsa seperti tertuang di dalam UUD 1945 pada alinea ke-4.

Sedangkan narasumber lainnya Eldy Saputra yang juga Koordinator Sahabat Ustadz mengatakan, pemahaman materi 4 Pilar Kebangsaan di dunia Pendidikan harus diimplementasi di lapangan, bagaimana sikap siswa-siswi dalam menghadapi arus globalisasi.

Sebagai implementasi dan pemahaman di lapangan, Eldy mengajak para siswa-siswi agar tidak lagi bersikap mencaci maki (membuly) sesama, menumbuhkan semangat persatuan, menghormati perbedaan, tidak bermalas-malasan, karena pelajar merupakan motor penggerak kemajuan suatu bangsa.

Baca Juga: Kementerian Pendidikan Tinjau Penerapan Kurikulum Merdeka di Kabupaten Beltim

“Melalui kegiatan sosialisasi ini ada 3 hal yang bisa dijadikan penekanan. Pertama, Implementasi 4 Pilar ini sebagai bekal kejayaan generasi emas Indonesia tahun 2045. Kedua, generasi muda harus berani menolak money politik. Ketiga, generasi milenial sebagai motor penggerak persatuan bangsa”, pungkasnya. (rel)

judul gambar