50 Orang Ikuti Pelatihan Dewan Hakim MTQH yang Digelar LPTQ Beltim

BELITUNG TIMUR, pradivanews.com – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Selasa (02/08/2022), menggelar Pelatihan Dewan Hakim Musabaqoh Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH), bertempat di di Hotel Guest Manggar.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri dari 33 orang Dewan Hakim dan 17 orang Calon Dewan Hakim yang berasal dari seluruh Kecamatan di Beltim. Seluruh peserta akan memperoleh materi untuk cabang Tilawah dan cabang Tahfidz.

Baca Juga: PKPU Nomor 4 Tahun 2022 dan Sipol Disosialisasikan Oleh KPU Belitung Kepada Parpol

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Beltim Sayono saat menyampaikan kata sambutan Bupati Beltim mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk komitmen serius dari LPTQ dalam melakukan pembinaan para Dewan Hakim, guna meningkatkan prestasi Qori-Qoriah Beltim baik di tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Dewan Hakim ini kan sebagai pembina dari Qori-Qoriah. Mudah-mudahan dibekali ilmu yang banyak dan pemahaman yang baik untuk segi cabang-cabang yang diperlombakan ke depannya. Paling tidak kita sudah antisipasi untuk dapat tampil yang lebih baik nanti”, ungkap Sayono.

Menurutnya, kegiatan ini dapat memotivasi para Dewan Hakim se-Kabupaten Beltim yang merupakan Pembina MTQH di Kecamatan masing-masing, untuk lebih memahami teknis pelaksanaan dan penjurian MTQH mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

“Ini tidak bisa putus disini saja, ke depan kita mengharapkan lebih banyak inovasi yang dapat dilakukan oleh kawan-kawan LPTQ, supaya keberadaan LPTQ dapat mengawal penyelenggaraan MTQH ataupun STQH itu terselenggara dengan baik”, ujar Sayono.

Baca Juga: Burhanudin Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Pemkab Beltim

Lebih lanjut ia berharap, LPTQ semakin mampu untuk meningkatkan dan memaksimalkan kiprahnya dalam membantu program pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan para Qori-Qoriah serta tidak kalah pentingnya membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan buta aksara Al-Quran di Beltim.

“Yang penting bagaimana kita menciptakan orang-orang di Beltim ini supaya berakhlakul karimah, salah satunya dengan memahami dan bisa melaksanakan apa yang terkandung di dalam kitab sucinya, sehingga Insyaallah hidup ini jadi aman, damai tidak ada banyak masalah, kalaupun ada persoalan bisa diselesaikan dengan baik-baik”, harapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Beltim Asari menjelaskan, pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan Dewan Hakim dalam menghadapi event MTQH tingkat Kabupaten Beltim yang akan datang.

“Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, tanggal 2 dan 3 Agustus 2022. Setelah ini diimplementasikan tanggal 28 hingga 31 Agustus 2022 pada kegiatan MTQH tingkat Kabupaten Beltim”, sebut Asari.

Baca Juga: Perayaan Hari Jadi Desa Pulau Seliu Diawali Ziarah Ke Makam Mandor Mahmoed

Dengan semakin profesional dan meningkatnya kemampuan Dewan Hakim, Asari meyakini pelaksanaan MTQH akan semakin sportif. Dan tentunya akan menghadirkan generasi Beltim yang akan berprestasi hingga tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan adanya kegiatan pembinaan Dewan Hakim ini, akan menambah wawasan kepada 50 orang tersebut, sehingga penilaian bisa lebih optimal dan secara objektif, tidak ada kesan pilih kasih di dalam penilaian peserta itu sendiri, yang penting supaya Dewan Hakim ini profesional di dalam bidangnya”, pungkasnya. (rel)