oleh

Perayaan Hari Jadi Desa Pulau Seliu Diawali Ziarah Ke Makam Mandor Mahmoed

BELITUNG, pradivanews.com – Perayaan Hari Jadi Desa Pulau Seliu yang ke-126 tahun, Jumat (29/07/2022), diawali dengan kegiatan ziarah ke makam Mandor Mahmoed, yakni mandor pertama yang memimpin Seliu. Pada malam hari sebelumnya, dilakukan doa bersama di Mesjid Al Ikhlas Desa Pulau Seliu.

Dengan mengusung tema Tumbuh, Bangkit dan Maju Bersama, perayaan Hari Jadi Seliu (HJS) ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Acara yang perdana digelar ini berlangsung di Pantai Seliu Melambai.

Hadir dalam acara ini Anggota DPD RI asal Bangka Belitung Darmansyah Husien, perwakilan unsur Forkopimda Belitung, Anggota DPRD Kabupaten Belitung asal Daerah Pemilihan Belitung Empat, dan sejumlah Kepala dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Belitung.

Selain itu, hadir juga Camat Membalong, sejumlah Kepala Desa yang tergabung dalam Apdesi Kabupaten Belitung, Tokoh Masyarakat Kecamatan Membalong, pihak investor dari Komunitas Moyang, serta sejumlah tamu undangan baik perorangan maupun kelompok.

Setibanya di dermaga Pulau Seliu, rombongan tamu undangan ini disambut langsung Kepala Desa Pulau Seliu. Rombongan tamu juga disambut dengan kesenian hadra, seni bela diri pencak silat, serta tarian selamat datang yang dimainkan putra-putri Desa Pulau Seliu.

Acara resmi pembukaan perayaan HJS ke-126 tahun Desa Pulau Seliu ini juga diisi dengan pembacaan Puisi Seliu oleh Diran, kesenian tradisional Tari Ngemping, kreasi pelaku seni Desa Pulau Seliu. Serta penampilan Phantomin yang diperankan putra-putri setempat. Usai acara pembukaan, rombongan tamu undangan mengunjungi stan yang tampil dalam Seliu Bazar Expo UMKM 2022.

Baca Juga: Puluhan Spanduk Ditertibkan Satpol PP, Pemasangan Melanggar Aturan Dapat Dikenakan Sanksi

Dalam sambutannya, Kepala Desa Pulau Seliu Edyar memaparkan secara singkat, sejarah penetapan hari jadi serta rencana pembangunan ke depan. Menurutnya, Desa Pulau Seliu mulai serius mengembangkan industri perikanan dan pariwisata.

“Industri perikanan dan pariwisata, dua hal ini yang akan kami kembangkan. Saat ini sudah ada pihak swasta yang siap berinvestasi, baik itu di industri perikanan, maupun pariwisatanya. Untuk itu, kami harap pemerintah juga melakukan hal yang sama, membangun fasilitas pendukung seperti jalan lingkar dan jalan pemukiman”, ungkap Edyar.

Sementara itu, Anggota DPD RI asal Bangka Belitung Darmansyah Husien, melalui sambutannya berpesan kepada masyarakat Desa Pulau Seliu, untuk lebih mandiri agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19.

“Jadilah masyarakat yang kreatif, cinta kebersihan dan lingkungan. Dan melalui momen ini, mudah-mudahan bisa menjadi titik balik kita, dari kondisi yang terpuruk. Supaya bisa bangkit lebih kuat, lebih kreatif, lebih berdaya lagi”, sebut Darmansyah.

Baca Juga: Penggunaan BBM Bersubsidi di Beltim Berpotensi Melebihi Kuota

Sedangkan Kepala Kesbangpol Kabupaten Belitung Fedy Malonda yang mewakili Bupati dan Wakil Bupati Belitung mengatakan, melalui perayaan hari jadi, Desa Pulau Seliu sudah menunjukkan jati dirinya. Dan ini sebagai langkah awal Desa Pulau Seliu untuk lebih maju lagi ke depannya.

“Langkah ini bisa diteruskan untuk  menuju langkah yang lebih besar, dan ini harus berkelanjutan, jangan sampai menurun. Ibarat api, ini jangan sampai padam. Tentunya tetap berkolaborasi dengan pemerintah maupun swasta”, pungkas Fedy. (yab)

judul gambar