oleh

Pulau Seliu Besok Rayakan Hari Jadi Yang Perdana

BELITUNG, pradivanews.com Desa Pulau Seliu, di Kecamatan Membalong, tanggal 29 Juli 2022 besok akan merayakan hari jadi yang ke-126 tahun. Perayaan ini merupakan yang perdana dilakukan sejak berdirinya Desa Pulau Seliu.

Kepala Desa (Kades) Pulau Seliu Edyar mengatakan, penetapan Hari Jadi Seliu (HJS) ini berdasarkan kajian tim perumus, yang melibatkan unsur sejarawan, budayawan serta tokoh-tokoh Desa Pulau Seliu yang berada di Kecamatan Tanjungpandan.

“Dari hasil kajian tim perumus tersebut, ditetapkanlah pada tanggal 29 Juli. Ini berdasarkan data sejarah, Seliu pertama kali mengenal sistim administrasi yang diakui otoritas pada masa itu. Saat itu ditunjuklah mandor yang pertama kali memimpin Seliu, yaitu mandor Mahmud”, sebut Edyar, Kamis (28/07/2022).

Baca Juga: Desa Pulau Seliu Akan Kembangkan Industri Perikanan dan Pariwisata

Menurut Edyar, saat ini Desa Pulau Seliu sudah berusia 126 tahun, sejak pertama kali dipimpin oleh Mandor Mahmud pada tanggal 29 Juli 1896.

“Dan besok tepat tanggal 29 Juli 2022, Desa Pulau Seliu sudah berumur 126 tahun. Karena ini momen perayaan pertama, mungkin belum bisa maksimal. Tapi banyak agenda kegiatan yang sudah kami siapkan”, lanjut Edyar.

Rangkaian kegiatan pada perayaan HJS ke-126 antara lain, ziarah ke makam Al Mahmoed mandor pertama yang memimpin Desa Pulau Seliu, pembukaan acara resmi perayaan HJS, Seliu Expo UMKM, dan berbagai kegiatan lainnya.

“InShaaAllah kalau tidak ada halangan, Seliu Expo UMKM ini akan dibuka langsung oleh Pj Gubernur, usai beliau memberikan sambutan”, pungkasnya (yab)

judul gambar